Sukses

10 Cara Ampuh Buang Insomnia di Malam Hari

Sulit tidur bisa dialami siapa saja, tetapi 10 cara ini dapat efektif mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Dengan berkembangnya teknologi gawai, gaya hidup orang sekarang cenderung untuk tidur lebih malam atau sering disebut insomnia. Waktu tidur seakan terpangkas untuk menikmati teknologi tersebut sebelum tidur.

Ternyata tidak hanya waktu tidur yang terpangkas, kualitas tidur pun menjadi berkurang. Paparan sinar biru dari gawai akan membuat otak tidak mengantuk sehingga sulit untuk segera tidur. Alhasil, banyak orang yang dikategorikan kurang tidur karena tidak mendapatkan waktu tidur yang direkomendasikan yakni 7-9 jam per hari.

Padahal tidur merupakan salah satu kunci kesehatan. Jika Anda termasuk orang yang sulit tidur pada malam hari, barangkali Anda perlu mencoba 10 cara yang dijamin membuat lebih mudah tidur.

1. Makan sebelum tidur
Perut lapar akan membuat Anda sulit tidur. Maka pastikan Anda mengisi perut dengan makanan yang tidak terlalu berat jika merasa lapar menjelang waktu tidur.

2. Hindari minum alkohol
Banyak penelitian mengungkap bahwa minuman beralkohol dapat menurunkan kualitas tidur. Anda akan lebih mudah terbangun di tengah tidur.

3. Berbicara kepada diri sendiri
Jika sulit tidur, jangan Anda curhat di media sosial. Sebaliknya, berbicara lah kepada diri Anda, seperti menceritakan kembali apa yang telah Anda lakukan, makan, dan mengapa Anda tidak bisa tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kafein

4. Hindari kafein menjelang tidur
Usahakan untuk mengonsumsi kafein jauh dari waktu tidur Anda. Sebab umumnya kafein membuat orang lebih sulit tidur. Penelitian menunjukkan, jika seseorang ingin lebih mudah tidur, jangan minum kafein minimal 6 jam sebelum waktu tidur.

5. Konsumsi kacang dan sayuran hijau
Kacang dan sayuran hijau mengandung serat yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Setidaknya itu yang dikatakan para pakar nutrisi.

6. Makan pisang
Pisang mengandung triptofan yang merangsang sekresi hormon yang menenangkan otak. Tentu ini membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

7. Tidak bermain gawai atau laptop menjelang tidur
Sinar biru dari gawai bisa mempengaruhi sekresi hormon melantonin yang menentukan rasa kantuk.

3 dari 3 halaman

Olahraga

8. Olahraga
Sudah diketahui, olahraga dapat membantu Anda lebih sehat. Begitu juga dalam meningkatkan kualitas tidur.

9. Yoga
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Ayurveda dan Integrative Medicine menunjukkan, orang berusia lanjut yang rajin melakukan yoga mengalami peningkatan pula dalam kualitas tidurnya.

10. Tidur siang
Jika Anda sempat melakukan tidur siang, maka lakukanlah. Ternyata kegiatan ini juga dapat membuat Anda lebih mudah tidur pada malam hari sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini