Sukses

Jerawatan, Malas Bersihkan Wajah atau Hormonal? Kenali Bedanya

Sebelum tambah stres karena jerawat, Anda perlu mengetahui perbedaaan jerawat karena malas cuci muka atau hormonal.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat di wajah atau bagian tubuh lain tentu amat menjengkelkan. Bahkan permasalahan kulit yang satu ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Namun, sebelum tambah stres karena jerawat, Anda perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab jerawat. Sebab, ini menentukan perawatan kulit yang tepat untuk menuntaskan permasalahan tersebut.

Dermatolog Dr Eddy Karta mengatakan, sebelum melakukan perawatan jerawat, sebaiknya Anda melihat ciri-ciri jerawat yang muncul. Jika memang disebabkan hormon, pengobatan yang menekan hormon bisa dilakukan. Tetapi jika permasalahannya hanya di kemalasan mencuci muka, maka hal yang perlu diperbaiki adalah ritual Anda mencuci muka.

"Ciri-cirinya adalah pada komedo. Biasanya jerawat karena tidak bersih mencuci muka juga disertai komedo yang banyak pada bagian-bagian lain," kata Eddy di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Sementara jerawat karena masalah hormon biasanya bisa muncul tiba-tiba. Misalnya saat malam tidak ada, tetapi besoknya langsung besar. Ini akibat peningkatan aktivitas kelenjar minyak secara tiba-tiba dipicu oleh hormon.

Tidak membersihkan muka atau kurang bersih dalam mencuci muka dapat mengakibatkan jerawat. Karena pori-pori masih tersumbat oleh debu sehingga minyak tidak bisa keluar, terjadi lah penumpukan dan timbul jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.