Sukses

Indonesia Targetkan Gelar 150 Wisata MICE Tiap Tahun

Wisata Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) telah menjadi kekuatan baru yang memperkuat destinasi wisata di Indonesia.

Liputan6.com, Bali Wisata Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) telah menjadi kekuatan baru bagi destinasi wisata di kota-kota besar di Indonesia, seperti di Bali, Jakarta, dan Surabaya.

Hidayat, Asdep Pengembangan Bisnis Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata menuturkan, wisata MICE memiliki potensi yang begitu besar mendukung pariwisata Indonesia. Hanya saja, ketiadaan database menyebabkan kementerian belum mengetahui pasti berapa presentasi sumbangsih wisata MICE.

"Potensi besar, tapi yang tercatat baru 7 persen saja. Sangat kecil," kata Hidayat di sela Rapat Koordinasi Bidang MICE Lintas Kementerian dan Lembaga‎ di Kuta, Bali, Rabu (10/8/2016).

Menurut Hidayat, banyak even MICE yang diselenggarakan di Bali oleh beberapa kementerian. Hanya saja, hal itu tidak terpantau sehingga tak terdata dalam database Kementerian Pariwisata. Kegiatan ini, sambung Hidayat, merupakan usaha untuk menyamakan persepsi lintas kementerian tentang wisata MICE.‎

"Ada 21 kementerian dan 7 lembaga‎ yang kami undang dalam kegiatan ini. Kegiatan ini lintas kementerian, karena ada banyak even yang tidak terpantau oleh kami. Mereka banyak even, tapi kami kesulitan mendata even apa saja, di mana dilaksanakan, berapa peserta yang hadir, itu tujuan acara ini. Kami butuh database itu untuk mendukung promosi pariwisata Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri," kata dia.

Menurut dia, ketidaktahuan kementerian apa itu wisata MICE merupakan kendala bagi institusinya untuk mendata berapa banyak MICE digelar di Indonesia. ‎"Kendalanya adalah masih banyak lembaga atau kementerian yang belum mengerti MICE. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk mengedukasi mereka apa itu MICE, apa saja spek-nya, bagaimana mendorong agar wisata MICE ini maju. Banyak kementerian sudah melakukan MICE tapi tidak faham," tuturnya.

Padahal, ia melanjutkan, sektor MICE menjadi varian dari sektor pariwisata yang potensial menyumbangkan kontribusi besar.‎ "Sektor MICE ini menjadi varian dari sektor wisata tersendiri. Selama ini kan yang dominan itu kan even yang sifatnya budaya dan bahari," katanya.

Hidayat berharap sektor MICE mampu terus terdongkrak untuk memberikan kontribusi bagi target 20 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2019. ‎"Angka 7 persen terlalu kecil. Kami menargetkan pertumbuhan MICE mencapai 10 persen di tahun 2019. Tahun ini pemerintah menargetkan 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 260 juta pergerakan wisatawan Nusantara," tutur dia.

Data terakhir di International Congress and Convention Association (ICCA), Indonesia berada di posisi 42 dunia dan berada di rangking 12 untuk kawasan Asia Pasifik. Sampai dengan tahun 2019, Indonesia menargetkan 150 even MICE per tahun. (Dewi Diviyanta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini