Sukses

Ada Kemeriahan Apa Saja di Karnaval Kemerdekaan? Simak Ini

Karnaval Kemerdekaan dalam rangka menyambut HUT ke-71 kemerdekaan Republik Indonesia akan diramaikan sejumlah acara menarik.

Liputan6.com, Jakarta Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 yang akan digelar 20-21 Agustus diprediksi akan menjadi perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang paling meriah. Pasalnya ada tiga aktivitas besar yang akan digelar, yaitu konser musik di panggung apung di Pantai Bebas Simalungun, karnaval budaya di Balige, dan pesta rakyat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Rabu (10/8/2016) mengatakan, “Ini adalah puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71, sekaligus mempromosikan destinasi Danau Toba sebagai ikon pariwisata Sumatera Utara.”

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bahkan dijadwalkan ikut ambil bagian dalam pawai bersama masyarakat Sumatera Utara. Orang nomor satu di Indonesia ini akan mengenakan ulos Radigup Sirara, sedangkan Ibu Negara akan mengenakan ulos bermotif Tum-tum yang dirancang khusus oleh Edward Hutabarat.

Sementara itu, dalam jumpa pers di Kementerian Pariwisata, Premita Fifi selaku Ketua Penyelenggara KKPDT 2016 menjelaskan, kapasitas penonton di Balige siap menampung 20 hingga 30 ribu orang dan 30 sampai 40 ribu orang di Pantai Bebas. Akan ada kolaborasi unik antara seni bernuansa etnik dan modern di setiap penampilan.

Jay Wijayanto sebagai Koordinator Pelaksana Karnaval menambahkan, karnaval yang menggunakan jalan sepanjang 3,5 kilometer dari Soposurung sampai Simpang Sibulele ini selain diramaikan perwakilan provinsi di Indonesia, juga akan diisi dengan 350 pemain seruling, penari Cawan, pemain Gondang, dan ratusan perempuan berpakaian adat yang menjunjung tandok.

Sejumlah media dari dalam dan luar negeri juga akan hadir meliput dan mengekspose kemeriahan kegiatan tersebut, selain juga keindahan alam dan budaya di kawasan danau terluas dan terdalam di Asia ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini