Sukses

Supaya Nyaman, Ini 10 Etiket Saat Gunakan Jasa Carpooling

Dengan mobilitas tinggi, untuk menghemat biaya perjalanan berbagi tumpangan alias carpooling bisa jadi solusi. Supaya nyaman, ini etiketnya.

Liputan6.com, Jakarta Budaya menebeng memang sudah ada lama di Indonesia, terutama di Jakarta dan sekitarnya. Dengan mobilitas tinggi, untuk menghemat biaya dan waktu perjalanan berbagi tumpangan alias carpooling bisa jadi solusi.

Namun, carpooling merupakan kegiatan yang sosial, artinya dilakukan bersama-sama. Karena itu, ada beberapa etiket yang perlu diperhatikan untuk menjamin kenyamanan di sepanjang perjalanan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan saat menggunakan carpooling berbasis aplikasi, seperti dilansir dari rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (5/8/2016).

1. Pastikan Anda datang tepat waktu. Setibanya di lokasi penjemputan, mitra pengemudi akan menunggu selama 2 menit. Tentunya Anda tidak ingin membuat orang lain menunggu, bukan?

2. Sebaiknya kurangi menggunakan telepon genggam selama dalam perjalanan, hindari berargumen melalui telepon dengan teman Anda agar tidak mengganggu penumpang carpooling lainnya.

3. Selama berkendara, batasi pembicaraan pada topik-topik ringan seperti cuaca atau kuliner. Hindari pembicaraan seputar politik untuk menghindari argumen.

4. Pilih situasi yang tepat untuk menggunakan carpooling. Misalnya, menggunakan carpooling untuk pergi ke gym tentu akan lebih nyaman bagi Anda dan penumpang lain, dibandingkan bila Anda menggunakannya untuk perjalanan pulang dari gym dengan kondisi berkeringat.

5. Anda tentu boleh menikmati makanan dalam perjalanan, tapi pilihlah makanan yang tidak menimbulkan banyak remah atau beraroma tajam. Begitu pula dengan minuman, pastikan minuman Anda tersegel dengan baik dan tidak rawan tumpah. Untuk kenyamanan terbaik, sebaiknya tidak merokok selama berkendara dengan carpooling.

6. Perjalanan dalam carpooling mungkin saja berubah menjadi kesempatan interview atau bahkan transaksi bisnis. Ada baiknya Anda menyegarkan mulut dengan permen.

7. Posisikan diri dan barang bawaan Anda di tempat yang telah disesuaikan, agar penumpang lain juga dapat duduk dengan nyaman.

8. Minta izin kepada penumpang lain sebelum membuka jendela. Tidak semua orang suka dengan udara dingin atau panas dari luar.

9. Bersabar, perjalanan carpooling memang akan memakan waktu beberapa menit lebih lama daripada perjalanan sendiri. Tetapi dengan melakukan carpooling, Anda akan banyak berhemat.

10. Untuk sebagian orang, perjalanan dalam kendaraan adalah waktu untuk menikmati ketenangan dan merenung. Karenanya, jangan paksa penumpang lain untuk berbincang dengan Anda jika mereka segan atau tidak bersedia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini