Sukses

Ini Perbedaan Usia Pasangan yang Paling Pas

Perrcaya atau tidak, perbedaan usia pasangan dengan Anda menentukan kesuksesan hubungan. Bagaimana bisa?

Liputan6.com, Jakarta Usia memang hanya angka. Namun, percaya atau tidak, perbedaan usia pasangan dengan Anda menentukan kesuksesan hubungan. Bagaimana bisa?

Sebagian orang berpikir hubungan asmara adalah seputar mengerti satu sama lain, berarti lebih dalam dari hanya sekedar usia, ras, atau apa pun itu. Namun, sebuah studi yang dilakukan pada 3.000 orang menemukan perbedaan usia pasangan dapat berperan besar dalam sebuah hubungan.

Dikutip dari Metro, Rabu (2/8/2016), peneliti dari Departement of Economics di Emory University mengungkap, semakin jauh perbedaan usia dan Anda pasangan, semakin besar pula kesempatan untuk putus. Ini karena mereka lebih sulit untuk berbagi ketertarikan.

Mudah dibayangkan memang, seorang kakek berusia 65 tahun memiliki pasangan setengah usianya. Tentu mereka akan sulit berbagi kesukaan dan tujuan hidup mereka. Meskipun, banyak pula yang dapat menjalani hubungan langgeng dengan perbedaan usia cukup jauh.

Pasangan dengan perbedaan usia 5 tahun bisa memiliki risiko putus 18 persen. Sementara perbedaan 10 tahun kemungkinan putusnya 39 persen. Peluang putus ini menjadi 95 persen jika usia pasangan dan Anda berjarak 20 tahun.

Namun, angka-angka tersebut hanya angka statistik. Bila Anda tengah berpacaran atau bahkan sudah menjalin pernikahan dengan perbedaan usia yang jauh, komitmen adalah yang dibutuhkan untuk menjaga hubungan asmara tetap awet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.