Sukses

Daftar Makanan Terbaik dan Terburuk Dikonsumsi Sebelum Tidur

Ingin mendapatkan kualitas tidur terbaik di malam hari? Simak di sini daftar makanan terbaik dan terburuk untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda memperhatikan bahwa makanan yang dimakan sebelum tidur dapat mempengaruhi tidur di malam hari? Nah, bagaimana cara untuk mengetahui makanan apa saja yang baik atau buruk dimakan sebelum tidur? Simak di sini daftar makanannya, seperti dilansir dari purewow.com, Rabu (3/8/2016).

Makanan yang harus dihindari sebelum tidur

1. Apa pun yang terasa pedas
Makanan pedas akan menyebabkan asam lambung yang mengarah pada ketidaknyamanan Anda saat beristirahat di malam hari. Saat terbaik untuk makan makanan pedas adalah di siang hari.

2. Bacon
Bacon merupakan kombinasi dari protein yang tinggi yang akan menyebabkan masalah pada pencernaan. Selain itu, bacon juga mengandung lemak yang tinggi yang dapat mendorong produksi asam.

3. Keju keras
Keju keras atau keju tua biasanya biasanya tyramine, asam amino yang dapat mempromosikan aktivitas ekstra ke otak. Hal ini tentu akan membuat Anda semakin sulit tidur. Mengapa tidak makan keju saat sarapan?

4. Cokelat
Sebelum Anda memakannya, ingatlah bahwa cokelat mengandung kafein, ditambah bahan kimia yang biasa disebut theobromine, juga stimulan.

5. Teh gingseng
Teh herbal adalah hal terbaik yang dapat Anda minum sebelum tidur. Namun, jika ini teh gingseng, ia memiliki efek energi, sehingga bukannya membuat Anda tertidur, Anda justru akan penuh energi.

Makanan yang dapat dinikmati sebelum tidur

Makanan yang dapat dinikmati sebelum tidur. Sumber : purewow.com

1. Susu
Ternyata, memang ada manfaat dari ritual minum susu hangat sebelum pergi tidur. Untuk hasil yang terbaik, kombinasikan susu (mengandung triptofan yang dapat menginduksi tidur) dengan karbohidrat (memperlambat pencernaan).

2. Kacang-kacangan
Almond dan kenari mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat mendorong serotonin dan produksi melatonin. Selain itu, kedua jenis kacang-kacangan ini adalah makanan penutup yang lezat juga bergizi.

3. Beras melati
Beras melati mengandung indeks glikemik yang lebih tinggi dari jenis biji-bijian yang lainnya. Mungkin gula darah Anda akan sedikit meningkat, namun akan segera membuat Anda tertidur lelap.

4. Jus ceri
Kandungan gula dalam jus buah mungkin menghalangi Anda untuk menikmatinya, namun jus ceri dapat mendorong produksi melatonin.

5. Teh mint
Daun mint dapat menghasilkan lactucarium, yaitu suatu zat yang memiliki efek obat penenang yang ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini