Sukses

Tips Menjaga Kualitas Rambut yang Diwarnai agar Tahan Lama

Agar warna rambut tidak cepat luntur setelah diwarnai, perhatikan beberapa hal berikut.

Liputan6.com, Jakarta Mewarnai rambut adalah hal yang lumrah dilakukan oleh wanita. Mungkin karena bosan dengan penampilan yang lama, atau ingin mencoba sesuatu yang baru.

Sayangnya, banyak wanita yang tidak memperhatikan cara merawat rambut yang diwarnai sehingga warna cepat luntur atau kondisi rambut yang terlihat kusam. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari hal tersebut, seperti yang dilansir dari Glamour.com pada Senin (1/8/2016).

Jangan keramas tiap hari

Tiap terkena air dan deterjen dari sampo, kutikula rambut akan terbuka dan membuat molekul warna berkurang. Cukup keramas dua kali dalam seminggu, dan menggunakan dry shampoo di hari lain yang cukup disemprotkan ke akar rambut dan disisir tanpa harus dibilas air. Bonusnya, rambut jadi lebih bervolume dan lebih wangi. Tak ada dry shampoo? Gunakan bedak bayi di akar rambut.

Pilih shampo bebas sulfat

Bahan deterjen atau sulfat yang memberi busa di sampo cepat melunturkan warna rambut, sehingga akan lebih baik bagi Anda yang rambutnya diwarnai untuk menggunakan sampo bebas sulfat.

Pakai produk perawatan

Selain menyehatkan rambut, produk perawatan juga membuat warna rambut lebih cemerlang. Coba gunakan masker khusus rambut diwarnai setidaknya sekali seminggu. Sesekali sehabis keramas, pakai conditioner yang dicampur dengan setengah sendok teh cat rambut sewarna dengan rambut. Gunakan di seluruh batang rambut, diamkan selama 1-2 menit dan bilas.

Lindungi dari panas

Sebelum dikeringkan dengan hair dryer, gunakan produk pelindung panas agar warna rambut tak pudar, lebih cemerlang dan rambut tetap sehat. Selain melindungi warna rambut dan menjaga rambut tetap sehat, produk pelindung panas juga membuat warna rambut terlihat lebih mengilap.

Pakai air dingin

Saat keramas, hindari penggunaan air hangat atau air panas karena hal ini bisa membuat warna rambut Anda cepat luntur.

(Ardi Suryaatmaja)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.