Sukses

Benarkah Air Dingin Dapat Mengecilkan Pori-Pori Wajah?

Benarkah Air Dingin Dapat Mengecilkan Pori-Pori Wajah?

Liputan6.com, Jakarta Banyak tips kecantikan yang mengatakan, bahwa air panas dapat membuka pori-pori wajah, sedangkan kebalikannya, air dingin dapat menutup dan mengecilkan pori-pori. 

Namun, seperti dilansir dari Stylecaster.com, Jumat (29/7/2016), ternyata teori tersebut tidak sepenuhnya tepat. Pori-pori wajah tidak memiliki otot sendiri, terdapat banyak otot kecil di dalam kulit yang melekat pada folikel rambut. Otot-otot tersebut akan berkontraksi jika terkena dingin, seperti ketika bulu kuduk Anda berdiri. Hal tersebut sama dengan semua otot wajah yang melekat di kulit.

Meskipun air dingin dapat membuat pembuluh menyempit, dan membuat kulit tampak lebih halus, hal tersebut tidak sepenuhnya mengecilkan pori-pori secara permanen. "Kecuali jika Anda langsung menggunakan pelembap wajah, kulit akan membaik. Karena pada dasarnya, membasuh muka dengan air apapun akan membuat lapisan paling luar kulit menjadi kering dan menguap" Jelas Heidi Waldorf, Direktur Laser dan Dermatolog Kosmetik di Mount Sinai Hospital.

Untuk membuat pori-pori menjadi lebih kecil, Dr. Heidi menyarankan untuk melakukan eksfoliasi secara teratur dengan pembersih mengandung BHA. Jika ingin lebih intens dan tahan lama, lakukan perawatan chemical peeling.

Walaupun kulit akan terlihat kemerahan beberapa jam setelah perawatan, pori-pori yang lebih kecil dan kulit halus akan terlihat di kemudian hari. Jika melakukan perawatan tersebut dengan teratur, Anda tidak perlu lagi mencuci wajah dengan air yang super dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini