Sukses

Norwegia Akan Bangun Terowongan Bawah Laut Pertama di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Mulai dari rel yang mampu membuat kereta berjalan dengan kecepatan petir, hingga mobil yang dapat menyetir sendiri, menandakan bahwa teknologi telah menjadi lebih futuristik beberapa tahun belakangan ini.

Dilansir dari mymodernmet.com, Jumat (28/7/2016), Norwegia telah menjadi salah satu negara dengan berbagai inovasi terbaru. Negara terkemuka ini berencana menghabiskan uang hingga 25 miliar Dolar AS untuk membuat sebuah terowongan bawah air. Jika rencana ini benar-benar terealisasi, maka hal ini merupakan yang pertama kali di dunia. 

Terowongan yang dibangun dari Kristiansand Selatan hingga Trondheim ini diperkirakan mampu memangkas waktu perjalanan, dari 21 jam menjadi hanya 11 jam. Yang menarik, terowongan bawah laut ini dibangun 100 kaki di bawah permukaan air laut, sehingga kapal masih bisa lewat di atasnya. Rute terowongan ini diperkirakan akan dibuat sepanjang 684 mil.

Proyek ini masih dalam proses pembangunan dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2035, tidak ada yang meragukan aspek keamanannya, karena Norwegia sendiri telah memiliki 1.150 terowongan dengan 35 di antaranya berada di bawah air.

Untuk pertama kalinya di dunia, Norwegia akan membuat sebuah terowongan di bawah air. Sumber : mymodernmet.com

Norwegia, sebuah negara yang dikenal ramah lingkungan akan menantang para pengunjungnya berpergian dengan mobil mereka melewati terowongan ini. Selain nyaman, pengalaman ini juga akan benar-benar sulit Anda lupakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini