Sukses

5 Tips Cerdas Ini Mampu Menahan Keinginan Belanja yang Berlebihan

Liputan6.com, Jakarta Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tentu saja aktivitas belanja menjadi rutinitas yang harus dijalankan. Walau berbelanja tidak selalu berakhir boros bila dilakukan dengan tepat sasaran, namun ada kalanya Anda berbelanja di luar daftar yang telah direncanakan sebelumnya.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Faktor utama penyebabnya disebut sebagai keinginan impulsif saat berbelanja. Biasanya ini terjadi karena melihat berbagai spanduk promo di toko yang Anda lewati, atau mendadak tergoda oleh mulut manis para pramuniaga di toko. Adakah cara untuk mengantisipasi keinginan impulsif tersebut?


Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi keinginan impulsif tersebut:

1. Coba bikin daftar belanja secara tertulis
Saat menulis daftar belanja, Anda telah menanamkan kesadaran dalam diri untuk membeli barang yang dibutuhkan saja. Anda bisa juga memanfaatkan fasilitas reminder di smartphone milik Anda, yang menampilkan daftar belanjaan yang telah dusimpan. Hal ini membuat Anda lebih mudah menahan diri untuk tidak membeli barang di luar daftar belanjaan 

2. Belanja hanya di waktu yang sudah dipersiapkan saja
Cobalah untuk menetapkan satu hari khusus untuk belanja. Jangan lupa untuk melakukan tips membuat daftar belanjaan, agar Anda tahu apa saja yang boleh dibeli dan memang dibutuhkan. Di luar hari khusus belanja, sebaiknya Anda hanya membawa uang secukupnya. Selain itu, jangan membawa kartu kredit di luar hari khusus tersebut.

3. Bawa teman atau saudara yang kritis soal keuangan
Kalau Anda punya teman atau saudara dekat yang cukup kritis soal keuangan, maka ajak dia untuk pergi berjalan-jalan bersama Anda. Ia dapat membantu mengkritik Anda, jika hendak berbelanja sesuatu yang tidak diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa bertanya banyak soal tips hemat pengeluaran darinya. Semoga saja hal ini dapat memendam sifat belanja impulsif Anda dengan cukup dalam.

4. Hentikan subscription terhadap situs belanja
Kalau Anda rajin memeriksa email promo dari situs belanja, maka sekaranglah saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Anda bisa berhenti berlangganan email informasi promo dari situs-situs tersebut, dengan memilih unsubscribe dari email yang Anda terima. Belanja online sangat mudah dilakukan, karena tinggal melakukan beberapa klik untuk menghanguskan isi rekening tabungan. Oleh karena itu, jangan biarkan diri Anda rentan belanja online, dengan cara berhenti berlangganan situs belanja online.

5. Bawa satu macam kartu kredit saja
Tips ini berlaku jika Anda memiliki lebih dari satu macam kartu kredit. Jika Anda membawa banyak kartu kredit, maka kemungkinan Anda untuk boros akan semakin tinggi. Sebaiknya, Anda hanya mendedikasikan satu kartu kredit saja untuk satu jenis kategori pengeluaran saja. Membawa satu kartu kredit juga meminimalisir risiko rugi apabila dompet Anda tidak sengaja hilang.

Jangan lupa untuk menerapkan berbagai tips hemat agar pengeluaran Anda tidak boros. Untuk berhemat, Anda bisa melakukannya dengan kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Manfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah Anda melakukannya.

 

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Curhat Pemudik Motor dari Kocak Sampai Menyayat
Artikel Selanjutnya
Tips Praktis Perawatan Kulit Saat Perjalanan Mudik