Sukses

Jangan Khawatir, 5 Jenis Pengeluaran Ini Bukan Pemborosan

Liputan6.com, Jakarta Dalam pengelolaan keuangan pribadi, Anda tentu harus bijak dalam mengontrol pengeluaran. Biasanya, Anda perlu berhemat dalam setiap pengeluaran yang akan dilakukan. Kenyataannya, ada beberapa pengeluaran yang justru tidak perlu ragu-ragu Anda keluarkan demi mendapatkan kualitas terbaik. Tentunya selama masih dalam batas wajar dan sesuai kemampuan.

Apa saja jenis pengeluaran yang tidak perlu ragu untuk dilakukan? Simak contohnya di bawah ini:

1. Gadget dan alat elektronik
Gadget dan alat elektronik lain, merupakan barang yang tidak selalu harus Anda miliki dengan harga semurah mungkin. Harga murah justru mungkin menandakan kualitas dan spesifikasi produk yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya tentukan dulu kebutuhan Anda, baru fokus kepada spesifikasi yang diperlukan. Carilah gadget yang sesuai dengan kebutuhan, sekalipun harganya mungkin bukan yang paling murah.

2. Kesehatan tubuh
Kesehatan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting. Untuk menjaga kesehatan tubuh, sisihkan sebagian pengeluaran bulanan untuk menjaga agar kondisi tubuh tetap sehat. Sebagai contoh, Anda bisa menyisihkan uang untuk olahraga atau berlangganan di gym. Anda juga bisa menyisihkan uang untuk rutin memeriksa kesehatan gigi secara teratur. Pastikan juga Anda memiliki anggaran untuk membeli obat generik, sebagai pengganti persediaan obat yang sudah kadaluwarsa.

3. Beli makanan sehat
Makanan sehat merupakan kebutuhan lain yang perlu Anda siapkan. Jangan korbankan kualitas demi mendapatkan bahan-bahan makanan super murah tapi berkualitas rendah. Jika Anda jatuh sakit, maka uang yang Anda keluarkan bisa jauh lebih besar, ketimbang uang yang Anda hemat untuk membeli makanan berkualitas rendah tersebut. Ingat, gaya hidup hemat tetap harus dilakukan dengan cara pintar.

4. Hobi
Hobi merupakan salah satu sarana untuk menghilangkan stres dalam jangka waktu pendek. Sisihkan sebagian kecil pengeluaran Anda setiap bulan, untuk tetap dapat menyalurkan hobi Anda. Misalnya, bila Anda gemar membaca buku, maka sisihkan sebagian uang Anda (dalam batas yang wajar) untuk membeli buku baru setiap bulan.

5. Pergi berlibur
Selain menghilangkan stres, liburan juga berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga hubungan dengan orang-orang yang Anda ajak berlibur bersama. Selain itu, pikiran Anda akan lebih segar dan terbuka untuk melanjutkan pekerjaan setelah selesai berlibur dan menambah produktivitas. Usahakan untuk meluangkan waktu berlibur ke destinasi wisata yang Anda inginkan, paling sedikit sekali dalam setahun.

Nah, Anda bisa tetap hemat saat membelanjakan uang untuk barang atau aktivitas di atas dengan menggunakan kartu kredit. Manfaatkan berbagai fasilitas seperti diskon, cicilan 0%, atau promo-pomo lain yang ditawarkan oleh kartu kredit tersebut. Gunakan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda, agar tetap hemat. Anda bisa memanfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah Anda melakukannya.

 

Artikel Selanjutnya
5 Cara Cermat Hemat Uang Saat Belanja Makanan
Artikel Selanjutnya
5 Pengeluaran Tanpa Rencana yang Bikin Kantong Jebol