Sukses

Dongkrak Pariwisata Halal, Kemenpar Gelar Kompetisi Nasional

Tren kunjungan wisatawan Timur Tengah yang terus meningkat, membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan perhatian khusus.

Liputan6.com, Jakarta Data Kementerian Pariwisata menunjukkan, tahun 2015 pertumbuhan wisman Timur Tengah mencapai 26 persen atau sekitar 170.000 wisatawan. Tren kunjungan wisatawan Timur Tengah yang terus meningkat dari tahun ke tahun, membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan perhatian khusus, salah satunya adalah dengan membuat Kompetisi Pariwisata Halal.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (27/7/2016), Kompetisi Pariwisata Halal Nasional yang pendaftarannya akan ditutup Minggu 31 Juli 2016 ini merupakan cara pemerintah untuk menemukan potensi wisata halal yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Riyanti Sofyan, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal Nasional mengatakan, “Kita memang diburu waktu karena batas waktu pendaftaran tinggal beberapa hari lagi. Sehubungan dengan itu, kami meminta kepada semua calon peserta kompetisi untuk segera mendaftar. Harapan kami tentu akan ada banyak pemangku kepentingan terkait mengambil bagian dalam kompetisi yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini.”

Kompetisi Pariwisata Halal Nasional sendiri dibuka bagi seluruh pemangku kepentingan di dunia pariwisata Indonesia. Namun demikian, Kementerian Pariwisata mempunyai standar yang harus dipenuhi peserta, antara lain destinasi wisata yang ramah untuk keluarga, tersedia fasilitas dan pelayanan ramah untuk wisatawan Muslim, mulai dari akses tempat ibadah hingga akomodasi, serta kesadaran terhadap pariwisata halal dan potensinya.

“Memang Kompetisi Pariwisata Halal ini berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan wisatawan Muslim dan kemudahan untuk mendapatkannya. Sedangkan destinasi, pelaku, dan penyedia kebutuhan wisata Muslim itulah yang kita cari dalam kompetisi ini. Jadi tersedia lengkap, maka kami yakin, makin banyak wisatawan Muslim yang berwisata ke Indonesia,” ungkap Sofyan.

Para pemenang dari Kompetisi Pariwisata Halal Nasional ini nantinya akan mewakili Indonesia dalam World Halal Travel Award 16 (WHAT-16), yang akan diselenggarakan pada akhir 2016 di Abud Dhabi. Berikut beberapa kategori yang dilombakan dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional.

1. Penerbangan Ramah Wisatawan Muslim 
2. Bandara Ramah Wisatawan Muslim
3. Hotel Keluyarga Ramah Wisatawan Muslim
4. Hotel Luxorious Ramah Wisatawan Muslim
5. Apartemen Ramah Wisatawan Muslim
6. Resor Pantai Ramah Wisatawan Muslim
7. Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik
8. Website Travel Ramah Wisatawan Muslim
9. Perusahaan Kapal Pesiar Ramah Wisatawan Muslim
10. Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim
11. Operator Haji dan Umroh
12. Destinasi Wisata Halal Terbaik
13. Destinasi Kuliner Halal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini