Sukses

Pernah Melihat Seseorang dengan Tindikan Ini? Simak Maknanya

Tindikan di bagian yang tidak lazim ini ternyata punya makna tersendiri.

Liputan6.com, Jakarta Tren piercing atau tindikan di bagian-bagian tubuh yang tidak lazim bukanlah hal baru. Pria maupun wanita pun memiliki berbagai alasan untuk 'melubangi' bagian tubuh mereka seperti untuk mengikuti kultur populer atau nilai estetika tertentu.

Salah satu tindikan yang mungkin pernah Anda lihat ada di bagian tulang rawan yang paling dekat dengan kanal telinga. Tindikan yang disebut dengan daith ini sudah ada sejak ribuan tahu yang lalu, namun nama resmi tersebut muncul sekitar tahun 90-an. Tindikan daith terlihat seperti memasukin bagian dalam telinga jika dipandang dari jauh. Namun tahukah Anda bahwa tindikan ini memiliki fungsi kesehatan?

Seperti yang dilansir dari Higherperspective pada Selasa (26/7/2016), titik pada bagian tulang rawan dekat kanal telinga ini adalah titik tekanan dalam akupunktur untuk membantu mengobati migrain yang akut. Apakah Anda pernah mengalami migrain kronis secara intens? Saat ini terjadi, penderita migrain tidak mampu bergerak atau beraktivitas secara normal. Migrain mungkin adalah pengalaman yang paling menyakitkan bagi sebagian orang.

The Migraine Research Foundation melaporkan bahwa sekitar 18 persen wanita Amerika dan 6 persen pria Amerika menderita migrain. Mengapa mereka terjadi? Ini terlihat bahwa migrain adalah hasil dari berbagai gejala neurologis yang kompleks. Beberapa migrain terburuk yang disertai dengan mual, muntah, disorientasi, pusing dan sensitivitas ekstrim terhadap cahaya dan suara. Jika banyak orang memilih berpaling ke obat-obatan untuk membantu, ada pula orang yang menemukan solusi pengobatan alternatif, dan itu ada hubungannya dengan menusuk bagian tertentu dari telinga.

Dengan cara menusuk bagian telinga yang disebut dengan daith ini, pembuluh darah di sekitar lokasi tindik yang dibuka, membantu untuk merangsang aliran darah ke jaringan terhubung. Walaupun belum ada penelitian secara khusus yang mengaitkan daith dengan migrain, sejumlah orang sudah mengakui berkurangnya migrain sejak melakukan tindikan ini.

Jadi, jika Anda memiliki migrain kronis yang mengerikan dan cinta modifikasi tubuh, tindikan daith bisa jadi pertimbangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini