Sukses

4 Bahan Alami Pewarna Rambut Tanpa Kimia yang Dapat Anda Coba

Bahan-bahan alami yang ada di dapur Anda, ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai pewarna rambut. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Mewarnai rambut dengan produk pewarna rambut berbahan kimia dapat berisiko membuat helaian rambut menjadi kering dan kusam. Bahkan, jika digunakan terus menerus, produk pewarna rambut dengan bahan kimia dalam jangka panjang, akan menimbulkan permasalahan rambut seperti rontok dan iritasi pada kulit kepala.

Dilasnir dari boldsky.com pada Senin (25/7/2016), beberapa cara bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan di dapur rumah Anda ini, dapat digunakan sebagai bahan pewarna alami.

1. Kopi Hitam

(foto: boldsky.com)
Seduh secangkir kopi hitam dengan air hangat, lalu biarkan hingga seduhan kopi dingin. Bersihkan rambut seperti biasa menggunakan sampo, setelah itu usapkan seduhan kopi tadi ke seluruh rambut Anda. Diamkan selama 30 menit. Lakukan secara rutin dua kali seminggu untuk hasil warna yang maksimal.

2. Henna

(foto: boldsky.com)
Cara ini sudah populer sejak lama untuk membuat rambut berwarna lebih gelap. Henna tersedia dalam beberapa warna seperti burgundy atau coklat kayu. Perlu Anda ketahui bahwa henna tidak hanya dapat mewarnai rambut Anda, tapi juga dapat melembabkan rambut secara menyeluruh.

3. Teh Hitam

(foto: boldsky.com)
Untuk mendapatkan rambut hitam alami, tips jitu yang satu ini terbilang sangat efektif. Rebus teh hitam dan kulit pohon cherry sampai warna airnya berwarna gelap. Pisahkan rambut Anda ke beberapa bagian, kemudian oleskan air rebusan tadi ke seluruh permukaan rambut secara merata.

4. Ubi Merah

(foto: boldsky.com)
Untuk mewujudkan warna merah tua alami pada helaian rambut, Anda bisa menggunakan campuran jus wortel dan ubi merah. Oleskan jus ke seluruh rambut Anda. Tutup dengan shower cap, lalu bilas setelah 30 menit. Selain perubahan warna rambut yang diinginkan tercapai, kandungan vitamin yang ada pada ubi merah dan wortel dapat menutrisi rambut dan kulit kepala dengan maksimal.

 (Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini