Sukses

Catat, Inilah 6 Festival Wisata Menarik di Bulan Agustus

Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan wisata, simak 6 festival wisata yang akan digelar pada bulan Agustus mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Pengembangan pemasaran pariwisata Indonesia tentu memiliki kebijakan yang diarahkan untuk mendatangkan sebanyak mungkin wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara. Untuk itu, Kementerian Pariwisata terus melakukan promosi yang mencakup tiga produk pariwisata utama, yaitu wisata alam, wisata budaya, dan wisata ciptaan yang terdiri dari wisata MICE dan event.

Produk event menjadi salah satu produk unggulan yang digarap serius oleh pemerintah. Di Agustus sendiri, Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan pemerintah daerah akan menggelar berbagai event wisata menarik. Setidaknya ada 6 event yang masuk dalam agenda tahunan. Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (25/7/2016), berikut 6 event wisata yang akan digelar di beberapa daerah di bulan Agustus 2016 mendatang

Dieng Culture Festival
Ini merupakan gelaran budaya tahunan yang dihelat masyarakat yang berada di sekitar dataran tinggi Dieng. Kegiatan yang digelar pada 5-7 Agustus 2016 ini akan diramaikan dengan berbagai acara menarik, mulai dari pementasan seni hingga ritual pemotongan rambut anak gimbal. Tak hanya itu, wisatawan yang datang juga akan menyaksikan berbagai destinasi wisata memukau di kawasan ini, seperti Telaga Warna, Candi Arjuna, Bukit Teletubies, hingga pemandangan matahari terbit menawan di bukit Sikunir dan puncak Gunung Prau.

Festival Lembah Baliem
Berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, Lembah Baliem merupakan tempat indah yang berada di kawasan Pegunungan Jayawijaya. Digelar pada 8-10 Agustus 2016, Festival Lembah Baliem tidak hanya menyajikan pertunjukan seni, namun juga menggiring Anda untuk tahu lebih dekat kebudayaan berbagai suku yang menetap di kawasan tersebut. Banyak tradisi unik masyarakat Lembah Baliem yang akan dipertontonkan dalam festival tersebut, salah satunya adalah balapan babi.

Sanur Village Festival
Setelah sukses digelar tahun lalu, Sanur akan kembali menggelar Sanur Village Festival dengan berbagai event dan kegiatan yang lebih menarik dari tahun lalu. Memiliki banyak agenda, seperti festival layang-layang, lari gembira, bersih-bersih pantai, lomba memancing, hingga pertunukkan seni dan parade budaya, Sanur Village Festival menjadi event yang tepat bagi Anda yang sedang merencanakan liburan ke Bali bersama keluarga.

Festival Bunga Tomohon
Tomohon merupakan kawasan menawan yang dipenuhi berbagai destinasi wisata menarik, mulai dari danau, pegunungan, hingga destinasi wisata religi. Berada di kawasan pegunungan Sulawesi Utara, selain sejuk Tomohon juga identik dengan bunga. Tahun ini Tomohon akan kembali menggelar festival bunga berskala internasional yang dikenal dengan nama Tomohon International Flower festival. Acara yang akan digelar 8 Agustus mendatang, melibatkan 8 negara tetangga, 30 kendaraan hias, dan ribuan tangkai bunga.

Jember Fashion Carnaval
Sejak pertama kali digelar pada 2003, Jember Fashion carnaval menjadi salah satu event fashion terbesar di Indonesia. Dengan panjang catwalk mencapai 3,6 kilometer yang dimulai dari pusat kota, festival ini menggabungkan antara parade busana dengan pertunjukan teatrikal. Festival yang tahun ini akan digelar 24-28 Agustus, juga kerap menjadi surga bagi fotografer yang ingin mendapatkan gambar menarik seputar kostum yang dipamerkan. Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jember, ada banyak destinasi wisata alam menarik yang bisa dikunjungi.

Erau International Folk and Art Festival
Kutai Kertanegara merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia yang hingga kini masih eksis keberadaannya. Keberadaan festival Erau tidak lepas dari eksistensi kerajaan yang ada di Kalimantan Timur tersebut. Menyajikan berbagai ritual adat seputar kerajaan Kutai, festival ini merupakan awal yang tepat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kebudayaan dan wisata Kalimantan Timur. Menurut situs resmi Kutai Kertanegara, festival kebudayaan bertaraf internasional ini sendiri akan digelar pada 20-28 Agustus 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini