Sukses

Trip Keren: Serunya Wisata Sejarah di Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu petilasan Laksamana Cheng Ho di tanah Jawa dan menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik.

Liputan6.com, Jakarta Kelenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu petilasan Laksamana Cheng Ho di tanah Jawa. Berlokasi di arah barat daya dari Tugu Muda Semarang, atau tepatnya di Jalan Simongan, Jawa Tengah, kelenteng seluas 2 hektar ini menjadi destinasi wisata menarik yang kerap dikunjungi wisatawan.

Kelenteng Sam Poo Kong terdiri atas beberapa bangunan yang sebagian besar baru selesai dipugar. Beberapa bangunan tersebut antara lain, bagian utama, yaitu Kelenteng Besar Sam Poo Kong, Kelenteng Tho Tee Kong, dan empat tempat penghormatan kepada Kyai Juru Mudi, Kyai Kangkar, Kyai Cundrik Bumi, dan Kyai Tumpeng. Kuatnya akulturasi ajaran Tao dan Confusionisme yang kemudian membuat petilasan Laksamana Cheng Ho ini menjadi kelenteng dan tempat ibadah bagi penganut kepercayaan Tao, Buddha, dan Confusionisme.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Kelenteng Sam Poo Kong, salah satunya adalah dengan berpose menggunakan pakaian kebesaran Tiongkok. Tak hanya itu, pada waktu-waktu tertentu, seperti pada tanggal 29 dan 30 bulan keenam dalam penanggalan Imlek misalnya, kerap digelar acara memperingati pendaratan Laksamana Cheng Ho di tanah Semarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.