Sukses

Apakah Bisa Blow Dry Tanpa Merusak Rambut?

Liputan6.com, Jakarta Mengeringkan rambut secara alami memakan banyak waktu, tapi mengeringkan dengan hairdryer berpotensi untuk merusak kesehatan rambut. Hal ini disebabkan karena panas akan memecah keratin di rambut dan membuat kehilangan elastisitas dan kekuatannya hingga akhirnya patah.

Selain itu, jika rambut Anda diwarnai maka warnanya akan cepat pudar jika sering menggunakan perangkat panas seperti hairdryer dan styling iron. Pelajari cara blow dry yang benar supaya rambut tampil cantik dan tetap sehat, seperti yang dilansir Blog.doctoroz.com, Minggu (24/7/2016) berikut.

1. Serap air dengan handuk microfiber
Handuk dengan serat microfiber mampu menyerap air dengan cepat dan banyak. Jika Anda tidak memiliki jenis handuk ini, serap dengan handuk biasa lalu serap lagi dengan kaus ataupun kertas tisu.

2. Gunakan produk pelindung
Banyak produk yang dijual bertujuan melindungi rambut dari panas tinggi hairdryer atau catok. Produk dalam bentuk spray, serum, oil dan krim ini melapisi batang rambut agar tak langsung terkena panas tinggi dari alat tata rambut. Bonusnya, produk pelindung ini memudahkan Anda menata rambut, dan membentuk rambut sesuai gaya yang diinginkan dan lebih tahan lama. Produk pelindung bentuk spray dan serum cocok untuk segala jenis rambut, sedang bentuk krim dan oil cocok untuk rambut tebal dan kasar.

3. Gunakan nozzle di hairdryer
Nozzle adalah alat berbentuk corong pipih, dipasang di mulut pengering rambut yang bertujuan untuk mengarahkan panas dari hairdryer. Saat mengeringkan rambut arahkan ujung dari nozzle dari akar ke ujung rambut. Ini akan mendorong air ke satu arah dan membantu kutikula rambut untuk lebih rata yang menghasilkan helaian rambut yang lebih rapi dan mengilap.

4. Keringkan rambut per bagian
Bagi rambut jadi beberapa bagian, tahan dengan jepit, dan keringkan satu persatu dengan hairdryer. cara ini membuat rambut Anda kering lebih cepat dan hasil blow pun lebih rata.

5. Gerakkan hairdryer
Jangan mengarahkan hairdryer terlalu lama di satu bagian rambut karena bisa mengakibatkan kerusakan di bagian tersebut. Jaga agar hairdryer terus bergerak dari akar ke batang dan seterusnya.

6. Beli hairdryer dengan kualitas yang baik
Semua hairdryer mampu mengeringkan rambut, namun hairdryer dengan mutu yang baik mampu mencapai panas yang tinggi, sehingga mampu mengeringkan rambut lebih cepat. Selain itu biasanya hairdryer berkualitas tinggi juga punya fitur tambahan seperti ionic drying, serta material hairdryer yang terbuat dari ceramic atau titanium. Selain itu hairdryer bermutu tinggi umumnya jauh lebih tahan lama.

(Ardi Suryaatmaja)

Artikel Selanjutnya
Tata Cara Menyisir Seperti Ini Bisa Merusak Rambut
Artikel Selanjutnya
Ingin Mewarnai Rambut? Ini 7 Efek Sampingnya