Sukses

Merasa Berantakan? Tidur Siang Solusinya

Anda sedang merasa kacau dan berantakan? Satu hal yang harus Anda lakukan adalah tidur siang, mengapa? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa tidur siang dapat menembus pikiran terdalam Anda. Para ilmuwan telah berusaha menemukan mengapa manusia harus tidur, selain karena alasan kesehatan yang jelas.

Dilansir dari mydomaine.com, Sabtu (23/7/2016), ternyata kebiasaan tidur enam sampai delapan jam setiap malam merupakan risiko besar bagi para nenek moyang, karena biasanya mereka berburu pada tengah malam sampai pukul enam pagi. Jadi mengapa saat tidur menjadi satu hal yang sangat penting?

Untuk satu alasan, tidur dipercaya dapat membuat otak menjadi bersih dan mempengaruhi cara Anda dalam berperilaku serta berbicara. Para psikiater menyatakan tidur memberikan waktu bagi otak untuk membersihkan koneksi antara neuron dan membuat ruang untuk informasi yang baru saat Anda bangun. Ini semacam saraf yang berfungsi untuk membereskan kekacauan dan berfokus pada hal-hal yang penting saja.

Inilah mengapa biasanya Anda menjadi mudah cemas, gelisah, dan tidak fokus, ketika memiliki waktu tidur yang kurang, karena otak memiliki ruang yang terbatas untuk mengakses informasi baru.

Para psikiater melanjutkan penelitiannya dengan mengukur ukuran otak tikus sebelum dan setelah mereka tertidur. Terbukti bahwa dalam keadaan bangun tidur, otak tikus mengecil sebesar 18% dari sebelumnya. Sedangkan studi lainnya menunjukkan manfaat positif dari tidur yang dapat meningkatkan sistem metabolisme Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.