Sukses

5 Langkah Cerdas Mengatasi Pasangan yang Boros

Untuk mengatasi pasangan yang boros, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda terapkan.

Liputan6.com, Jakarta Aspek keuangan merupakan salah satu aspek terpenting yang perlu diperhatikan dalam kehidupan rumah tangga. Pengaturan keuangan merupakan tanggung jawab bersama, bukan salah satu pihak saja. Hal ini menyebabkan manajemen keuangan rumah tangga menjadi sulit ketika salah satu pihak sulit diajak bekerjasama, apalagi jika ia tidak bisa berhemat alias boros.

Kalau pasangan Anda memang boros, maka Anda perlu memikirkan strategi untuk mengantisipasinya. Jika Anda menutup mata terus atas pemborosan yang dilakukannya, maka keuangan rumah tangga akan menjadi korban. Hal ini tentunya berdampak tidak baik juga pada kehidupan rumah tangga sehari-hari. Untuk mengatasi pasangan yang boros, berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda terapkan:

1. Mulai buat laporan keuangan sederhana

Persiapan awal adalah membuat laporan keuangan keluarga secara sederhana. Daftarkan dan kategorikan berbagai pengeluaran keluarga selama beberapa bulan sebelumnya, kemudian hitung proyeksi ke depannya. Anda bisa manfaatkan aplikasi pengolahan data seperti excel untuk membuat rencana keuangan sederhana. 

2. Ajak bicara dan diskusi
Setelah selesai membuat laporan keuangan sederhana dan terlihat bahwa kondisi keuangan rumah tangga kurang bagus, ajak bicara pasangan Anda baik-baik. Pilih waktu yang santai dengan kondisi mood yang tepat agar berujung cekcok.

3. Tunjukkan kondisi keuangan kalian
Jika dirasa sulit untuk mengajaknya bicara, Anda bisa tunjukkan laporan keuangan yang sudah Anda buat. Tunjukkan kondisi keuangan rumah tangga dan berikan perincian berbagai biaya yang menyebabkan keuangan rumah tangga menjadi boros. Cara ini cukup ampuh untuk membuat pasangan sadar bahwa ia harus dapat menahan diri untuk tidak boros.

4. Bicarakan solusi dan buat kesepakatan
Apabila pasangan sudah sadar bahwa dirinya boros, cobalah untuk membuat kesepakatan bersama mengenai apa saja pengeluaran yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Buat rencana keuangan untuk setiap kategori pengeluaran. Buat kesepakatan tertulis dan sepakati juga sanksi yang akan diberikan apabila ada pihak yang melanggar ketentuan tersebut.

5. Manfaatkan rekening bersama
Cara lain yang dapat dilakukan adalah membuka suatu rekening bersama. Kumpulkan seluruh pemasukan di rekening bersama dan gunakan rekening tersebut untuk melakukan berbagai pengeluaran rumah tangga setelah jumlahnya disepakati. Sisa lebihnya dapat dipindahkan ke rekening pribadi dan berhak digunakan untuk keperluan pribadi apapun oleh setiap pihak.

Pastikan agar Anda dan pasangan bisa bekerjasama untuk mengemban tanggung jawab bersama dalam mengurus keuangan rumah tangga. Jika Anda dan pasangan merasa masih sulit untuk mengurangi pengeluaran, mungkin sudah saatnya kalian mencoba untuk membuat bisnis sampingan agar pemasukan kalian bisa bertambah. Gunakan fasilitas pinjaman tanpa agunan (KTA) untuk mempermudah Anda memulai bisnis tersebut. Carilah produk KTA yang tepat dengan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini