Sukses

5 Cara Memiliki Tabungan Sambil Kuliah dan Bekerja

Apakah Anda sedang memikirkan untuk bekerja sambil menjalani kuliah? Ini caranya

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sedang memikirkan untuk bekerja sambil menjalani kuliah? Ketika memutuskan untuk menjalani dua kehidupan tersebut, tentu ada banyak pertimbangan yang telah dipikirkan seperti waktu dan juga uang. Bagi Anda yang sedang berjuang untuk mengumpulkan tabungan agar bisa kuliah sambil kerja dengan lancar, berikut beberapa jalan yang dapat Anda lakukan:

1. Coba terapkan prinsip hidup hemat
Salah satu cara agar tabungan Anda bisa terkumpul, adalah dengan memotong pengeluaran Anda. Coba untuk mencari berbagai tips hidup hemat yang menyenangkan dan tidak mengganggu gaya hidup Anda. Jangan lupa jadikan kuliah sebagai motivasi Anda hidup hemat agar Anda bisa disiplin menerapkannya sehari-hari.

2. Cari beasiswa
Beasiswa merupakan salah satu usaha yang perlu dilakukan kalau Anda ingin memotong biaya kuliah. Namun, perlu diingat bahwa beasiswa bukanlah sesuatu yang mudah diperoleh oleh siapa saja. Selain itu, tidak semua kampus menyediakan beasiswa penuh. Ada juga yang hanya memotong sebagian uang kuliah, sehingga Anda perlu menyiapkan dana tabungan untuk kuliah.

3. Tingkatkan kinerja di kantor
Tetaplah bersemangat di lingkungan kerja Anda yang sekarang. Tergantung jenis kompensasi yang Anda terima dari perusahaan, Anda tentu akan mendapat insentif atau bonus yang lebih tinggi jika kerja dengan baik. Bukan itu saja, saat Anda lulus kuliah nanti, perusahaan bisa jadi memberikan penghargaan kepada Anda berupa promosi dan kenaikan gaji karena kualitas pekerjaan yang semakin baik.

4. Cari penghasilan tambahan
Ada banyak cara untuk menambah penghasilan Anda yang sekarang. Sebagai contoh, Anda bisa menjadi reseller produk-produk tertentu sehingga Anda tidak perlu repot menyediakan barang. Anda bisa juga mencoba jenis pekerjaan sampingan seperti menulis artikel atau membuat desain sesuai permintaan klien.

5. Rintis bisnis sampingan
Langkah terakhir untuk mempercepat tabungan terisi, tentunya dengan menambah sumber pemasukan. Salah satu caranya adalah dengan membuka bisnis sampingan bermodal kecil, seperti bisnis makanan. Untuk bisnis dengan skala yang tidak terlalu besar, modal yang perlu Anda keluarkan juga cukup murah. Biasanya cukup Rp 10 juta atau bahkan kurang.

Jika Anda butuh suntikan modal cepat tanpa mengorbankan tabungan Anda, cobalah manfaatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan (KTA) dari bank. Carilah produk yang tepat dengan menggunakan situs perbandingan produk keuangan popular seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah Anda melakukannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini