Sukses

6 Cara Bahagia dari Hidup Sederhana

Sesuatu yang minimalis tidak berlebihan justru bisa bermakna lebih untuk hidup Anda. Bagaimana untuk mendapatkannya?

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sering mendengar ungkapan less is more. Sesuatu yang minimalis dan tidak berlebihan justru bisa bermakna lebih untuk hidup Anda. Orang yang hidup sederhana pun cenderung lebih sehat dan bahagia. Mengapa?

Anda tidak perlu pusing memikirkan segala kerumitan hidup. Anda bisa memfokuskan pikiran ke hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan diri. Maka, mulailah menyederhanakan hidup Anda.

Jika belum bisa melepas hal-hal yang menjadi favorit Anda, maka begini caranya untuk dapatkan hidup sederhana dengan bahagia.

1. Buatlah daftar benda yang tidak Anda butuhkan
Jika Anda tidak pernah memakai sebuah benda lebih dari setahun, hampir pasti Anda membutuhkan tempat lebih untuk menyimpannya. Padahal mungkin Anda memang sudah tidak membutuhkannya lagi. Maka buat daftar barang-barang yang sudah tidak Anda butuhkan.

2. Singkirkan benda-benda yang hampir sama
Mimiliki celana jeans atau floral dress yang hampir sama? Tak ada orang yang peduli Anda menggantinya karena keduanya terlihat sama. Anda pun bisa memilih salah satu dan menyingkirkan yang lainnya.

3. Sederhanakan makanan
Tidak perlu membeli terlalu banyak makanan dari pasar. Beli secukupnya dan makan sebelum makanan itu kedaluwarsa. Buang makanan yang sudah tidak enak. Ambil dan masak makanan secukupnya, jangan berlebihan sehingga terbuang.

4. Sederhanakan berkemas
Jika akan berpergian, maka pastikan Anda mengemas barang sesederhana mungkin. Perkirakan berapa banyak yang Anda butuhkan dan tak perlu membawa berlebihan.

5. Sederhanakan pakaian
Gaya minimalis tidak pernah ketinggalan zaman. Miliki pakaian-pakaian yang bersifat basic sehingga bisa lebih mudah dipadupadan.

6. Seimbangkan masuk dan keluar
Ini prinsip penting untuk menjaga hidup Anda sederhana dan bahagia. Jika ada benda baru yang Anda beli, maka harus ada pula benda lama yang keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.