Sukses

Anda Tidak Bisa Menyusui? Ini Sisi Positifnya

Anda tidak menyusui atau tidak dapat memberikan ASI bagi bayi Anda? Jangan putus asa, berikut sisi positifnya.

Liputan6.com, Jakarta ASI (Air Susu Ibu) mungkin adalah hal terbaik yang dapat diberikan seorang ibu kepada anaknya. Namun, masih banyak ibu baru mengalami masalah ketika memberikan ASI pertamanya, seperti bermasalah dengan pasokan susu yang dimilikinya, jadwal yang tidak memungkinkan, atau kondisi tubuh yang tidak baik.

Dilansir dari purewow.com, Selasa (19/7/2016), berikut ini adalah beberapa sisi positif bagi seorang ibu yang tidak dapat menyusui anaknya atau memberikan ASI.

1. Anda akan mencari cara lain untuk membuat ikatan dengan si bayi
Tentu saja, menyusui adalah salah satu cara untuk membuat ikatan yang kuat dengan bayi Anda. Namun, tatapan mata dan ciuman di kepala juga memiliki efek yang sama, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology.
Kuncinya adalah membuat bayi melepaskan oksitosin atau hormon cinta.

2. Anda akan mendapatkan lebih banyak waktu untuk tidur
Salah satu alasan terbaik bagi seorang ibu yang tidak menyusui atau memberikan ASInya adalah ia dapat memiliki lebih banyak waktu untuk tidur. Ketika si bayi menangis, siapa pun dalam keluarga Anda dapat membantu untuk menenangkannya.

3. Sekarang, susu formula tidak jauh berbeda dengan ASI
Memang tidak akan sama persis, namun susu formula modern melakukan pekerjaannya dengan sangat baik untuk meniru ASI, seperti semua nutrisi yang dikandungnya.
Merek susu formula berkualitas saat ini telah mengandung pro dan prebiotik yang dapat membantu bayi Anda meningkatkan kekebalan tubuh.
Carilah merek susu formula yang mengandung kolin, zat besi, dan DHA.

4. Minum dari botol dapat membantu mengurangi risiko paskapartum
Sebuah penelitian menyatakan bahwa jika ASI hanya akan membuat Anda mengalami kesulitan paskapartum, maka Anda disarankan untuk memberi susu melalui botol. Tidak masalah, lakukan apa pun yang membuat Anda bahagia.

5. Suami Anda bisa terlibat
Ketika Anda tidak menyusui, Anda akan membiarkan semua orang dekat dengan si bayi, termasuk suami Anda sendiri. Anda akan mendapatkan banyak kesempatan melihat kedekatan si bayi dengan ayahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini