Sukses

7 Langkah Mudah Kurangi Stres dalam Waktu Singkat

Stres, namun tidak memiliki banyak waktu untuk menanganinya? Simak di sini

Liputan6.com, Jakarta Ketika merasa stres, kebanyakan orang memilih untuk merenung di tempat tidur, menonton film, dan tidak melakukan apa-apa. Sayangnya, kebanyakan dari Anda mungkin tidak memiliki waktu sebanyak itu untuk melakukannya. Namun, dilansir dari purewow.com, Senin (18/7/2016), berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk membantu Anda mengatasi rasa stres pada saat itu juga. Apa saja?

1. Pasang headset dan dengarkan musik
Bangkitkan semangat hidup sambil menutup mata ketika Anda mendengarkan lagu favorit. Ini merupakan cara yang menenangkan, karena setiap kali lagu tersebut mengalun, Anda akan merasa lebih baik.

2. Minum teh hijau
Teh hijau mengandung zat L-Theanine, yang dapat membantu Anda mengurangi stres dan meningkatkan mood. Jika di daerah tempat tinggal Anda sekarang sedang musim panas, maka tambahkan beberapa es batu agar terasa lebih menyegarkan.

3. Makan cokelat

Makan cokelat dipercaya dapat meredakan stres dalam waktu singkat. Sumber : purewow.com

Nikmati dark chocolate yang dapat mengatur kadar kortisol, hormon stres dalam tubuh. Ditambah lagi, dark chocolate juga memiliki rasa yang lezat dan tidak terlalu manis.

4. Permen karet
Penelitian menunjukkan bahwa hanya dalam waktu beberapa menit, permen karet memiliki fungsi menurunkan kadar kortisol dan kecemasan.

5. Menghitung mundur
Cara ini mungkin tampaknya sederhana, namun fokus pada angka secara berulang dapat memaksa otak Anda untuk menghindari pikiran-pikiran stres. Hitunglah secara perlahan sampai sepuluh dan kembali lagi.

6. Tertawa

Tertawa dapat membuat Anda menghirup lebih banyak oksigen. Sumber : purewow.com

Carilah berbagai hal, seperti video di internet yang dapat membuat Anda tertawa lepas lebih dari biasanya. Ketika tertawa, Anda mengambil lebih banyak udara kaya oksigen, yang dapat meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.

7. Mencium aroma jeruk
Ya, aroma segar jeruk yang dikupas kulitnya terbukti dapat secara drastis mengurangi stres dan meningkatkan mood.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini