Sukses

Ini 10 Profesi dengan Tingkat Kepuasan Kerja Paling Tinggi

Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang bekerja di berbagai profesi berikut ini merasa puas dengan pekerjaan yang mereka tekuni.

Liputan6.com, Jakarta Jobplanet sebagai paltform komunitas online yang berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, baru-baru ini merilis informasi hasil riset mengenai tingkat kepuasan kerja karyawan dan berbagai profesi yang paling puas dengan pekerjaannya. Riset yang melibatkan 48.250 karyawan di seluruh Indonesia sebagai responden ini, menggunakan sampel 18.900 perusahaan dari berbagai sektor industri.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (18/7/2016), hasil riset menunjukkan fakta-fakta menarik seputar dunia karier. Secara keseluruhan, dari skor 5 untuk mewakili nilai “sangat puas”, rata-rata tingkat kepuasan karyawan di Indonesia terhadap pekerjaan dan perusahaan tempatnya bekerja selama semester I 2016 mencapai angka 3,46.

Menanggapi hasil riset tersebut, Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet mengatakan, “Yang menarik dari riset kali ini adalah, bahwa karyawan yang paling puas dengan karier dan pekerjaannya adalah karyawan di bidang pemerintahan, termasuk PNS. Hal-hal yang menjadi alasannya, antara lain adanya kepastian tentang tunjangan dan jaminan hari tua. Selain itu, tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini sangat tinggi, dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka yang telah lolos dalam proses rekrutmen.”

Selain itu, menurut Kemas, hal lain yang menarik dari hasil riset adalah kebanyakan karyawan yang bekerja di bidang non-teknis merasa lebih puas dengan pekerjaan mereka, ketimbang karyawan yang bekerja di bidang teknis. Hanya tiga jenis profesi yang berkaitan dengan bidang teknis yang memiliki tingkat kepuasan karyawan di atas rata-rata, yaitu di bidang Litbang, Teknologi Informasi, dan Engineering.

Dari hasil riset yang telah dilakukan, berikut 10 profesi di Indonesia dengan tingkat kepuasan kerja paling tinggi.

1. Karyawan di Bidang Pemerintahan
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,70
Karyawan yang bekerja di bidang pemerintahan, antara lain pegawai negeri sipil (PNS), petugas pelayanan sosial, serta anggota kepolisian dan tentara.

2. Karyawan di Bidang Media dan Public Relations (PR)
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,59
Karyawan yang bekerja di bidang media dan PR, antara lain wartawan, praktisi PR, pembawa acara, editor, copywriter, serta fotografer dan kamera-men.

3. Karyawan di Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,57
Karyawan yang bekerja di bidang Litbang, antara lain ahli teknologi kelistrikan, ahli teknologi dan pengembangan pangan, staf Litbang, serta ilmuwan dan ahli Geofisika.

4. Karyawan di Bidang Pelayanan
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,52
Karyawan yang bekerja di bidang Pelayanan, antara lain wedding planner dan wedding organizer, pramugari, pemandu wisata, pemilik dan pengelola hotel, serta ahli kosmetika dan perawatan kecantikan.

5. Karyawan di bidang Pengembangan Bisnis
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,51
Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain konsultan bisnis, direktur, dan perencana strategi bisnis.

6. Karyawan di Bidang Hukum
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,51
Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain pengacara, auditor, dan petugas litigasi.

7. Pekerja Profesional
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,50
Pekerja yang terbilang sebagai Profesional, antara lain penerjemah bahasa, pengamat seni dan budaya, agen properti, juru masak, pilot, dan gamers profesional.

8. Karyawan di bidang Teknologi Informasi (TI)
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,49
Karyawan yang bekerja di bidang TI, antara lain game developer, web developer, application developer, UI/UX developer,hardware/software engineer, video engineer, system engineer, IT planner, dan IT project manager.

9. Karyawan di bidang Engineering
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,47
Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain perencana perkotaan dan tata ruang, arsitek, desainer interior, serta electrical dan mechanical engineer.

10. Karyawan di bidang Marketing
Rata-rata tingkat kepuasan kerja: 3,46
Karyawan yang bekerja di bidang ini, antara lain melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pemasaran produk, digital marketing, brand marketing, riset pasar, dan customer relationship management (CRM).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini