Sukses

Berkah Liburan dan Lebaran di Penutupan Jakarta Fair 2016

Liputan6.com, Jakarta Gelaran akbar Jakarta Fair 2016 resmi ditutup kemarin, Minggu (17/7/2016). Setelah berlangsung selama 38 hari, Jakarta Fair menyedot 5,7 juta pengunjung dengan nilai transaksi fantastis melebihi target. Momen liburan Lebaran ikut membawa berkah tersendiri bagi para pedagang. 

Ketua Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2016, Prajna Murdaya, menjelaskan, nilai transaksi event ajang arena pameran dan hiburan terbesar di Asia Tenggara ini mencapai angka Rp 6,1 triliun.

"Transaksi terbesar ada di sektor otomotif, disusul tekstik dan garment, makanan, dan minuman, serta multiproduk. Angka Rp 6,1 triliun bukan masuk ke kantong PT JIExpo, ini adalah angka transaksi antara para pedagang dan pembeli di Jakarta Fair, jadi uangnya masuk ke kantong pedagang dan stand-stand pameran yang ada,” kata Prajna Murdaya yang juga Managing Director PT Jakarta International Expo ini.

Realisasi jumlah pengunjung dan nilai transaksi tersebut melebihi target yang ditetapkan oleh panitia yakni 5 juta pengunjung dan transaksi Rp 5 triliun. Angka ini juga melebihi realisasi penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran tahun 2015 yang dikunjungi oleh 5,1 juta orang dengan nilai transaksi mencapai Rp 5,9 trilyun.

Penyelenggaraan kali ini merupakan event ke-49 kali sejak pertama digelar pada tahun 1968. Bahkan saat ini siklus 36 tahun sekali momentum Jakarta Fair berbarengan dengan bulan Ramadan dan libur Lebaran, justru mendatangkan peluang tersendiri bagi seluruh pelaku usaha yang terlibat.

Di tengah segala aktivitas libur Lebaran seperti mudik, silaturahmi, pengunjung tetap menyempatkan waktu wisata ke Jakarta Fair. Selain berbagai acara hiburan keluarga seperti konser musik terbesar di panggung utama, pesta kembang api spektakuler, karnaval busaya, k-pop dance contest, kontes kecantikan Miss Jakarta Fair, Jakarta Fair tahun ini juga menyedikan banyak wahana permainan.

Ada beberapa wahana permainan baru yang selalu ramai dikunjungi seperti Wild West, Snow Village, Penjara Setan, Zombie Attack, serta Garden Light Festival. Kemeriahan closing ceremony yang digelar di panggung utama Jakarta Fair dihadiri wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. Ada juga pesta kembang api spektakuler, inagurasi Miss Jakarta Fair dan penampilan group band Geisha.

Hari terakhir Jakarta Fair 2016 juga ditandai pengundian grandprize 3 buah mobil dan pengumuman pemenang undian 35 sepeda motor untuk pengunjung yang beruntung. Panitia juga mengumumkan pemenang kontes stand pameran terbaik dan pemenang karnaval terbaik.

 

Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Repot Rental Mobil Saat Lebaran dengan Aplikasi Ini
Artikel Selanjutnya
Sambut Liburan Sekolah, Spider-Man Hadir di Mal Jakarta