Sukses

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Selain ketahan fisik, seorang pendaki juga dituntut memiliki kecerdasan lebih untuk meminimalisasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta Selain memiliki ketahan fisik yang prima, seorang pendaki juga dituntut punya kecerdasan lebih. Kecerdasan ini penting agar pendaki tidak melakukan kesalahan mendasar yang seharusnya tidak terjadi. Banyak kerugian, baik materi maupun fisik, yang terjadi akibat seorang pendaki tidak memiliki intuisi dan kecerdasan membaca alam.

Seperti disarikan dari cleverhiker.com, Sabtu (16/7/2016), berikut beberapa hal kecil yang kerap dilakukan para pendaki, yang kerap berakibat fatal dan merugikan diri sendiri.

Memasak di Dalam Tenda
Memasak di dalam tenda nampak menjadi ide yang nyaman, terutama saat cuaca sedang basah. Namun ada konsekuensi yang harus dipertimbangkan saat Anda memutuskan untuk menyalakan kompor di dalam tenda. Selain berisiko membakar tenda Anda sendiri, memasak di dalam tenda yang tertutup akan menyebabkan Anda keracunan asap karbon monoksida. Jika Anda memang harus memasak di tengah cuaca basah, gunakan bagian depan tenda, dan pastikan banyak ventilasi di sekitarnya.

Membiarkan Sleeping Bag Basah
Ini kesalahan mendasar yang kerap dilakukan para pendaki pemula. Membiarkan sleeping bag terkena air dan basah merupakan hal kecil yang mendatangkan risiko besar. Selain Anda tidak akan bisa menggunakannya untuk tidur, sleeping bag yang basah tentu akan sangat berat dibawa.

Pakai Sepatu "Kawe"
Untuk tampil stylish memang tidak perlu mahal, namun bukan berarti Anda harus menggunakan barang "kawe". Tidak jarang para pendaki yang mengalami lecet pada bagian belakang kakinya karena tergesek bahan sepatu yang keras dan kaku. Luka yang muncul memang kecil, tapi hal ini tentu akan mengganggu langkah Anda dalam perjalanan akibat rasa perih yang muncul.

Packing Terlalu Banyak
Saat memutuskan untuk mendaki gunung atau melakukan penjelajahan, yakinkan diri Anda untuk tidak melulu mengharapkan rasa nyaman seperti di rumah. Hal sepele inilah yang kerap dilupakan pendaki pemula, sehingga mereka hampir membawa semua barang yang ada demi kenyamanan. Kenyamanan memang penting, namun bukan berarti Anda harus membawa barang yang terlalu banyak. Bawaan yang terlalu banyak ditambah sistem packing yang salah akan menyulitkan Anda dan menyebabkan Anda cedera.

Mendirikan Tenda di Tempat yang Salah
Ini kesalahan mendasar yang kerap terjadi karena kemalasan melakukan observasi sebelum mendirikan tenda. Sebelum mendirikan tenda, seorang pendaki perlu meneliti ke mana arah air pergi saat hujan. Jangan sampai saat terbangun dan hujan, tenda yang Anda bangun sudah berada di atas danau. Tak hanya itu, tingkat kemiringan lahan juga penting diperhatikan agar tidur Anda menjadi lebih nyaman.

Nol Keterampilan Navigasi
Saat mendaki gunung apakah Anda tahu bagaimana membaca peta dan menggunakan kompas? Apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan saat Anda menapaki jalan yang salah dan tersesat di tengah hutan? Apakah Anda tahu cara memaksimalkan sinyal untuk bisa menemukan orang lain saat tersesat? Jika tidak tahu tentang ketiga hal itu, Anda sedang menempatkan diri dalam posisi yang sangat mengerikan. Setiap pendaki dan backpacker harus tahu tentang pengetahuan navigasi dasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini