Sukses

Ini 6 Destinasi Wisata di Bangka Pilihan Rustam Effendi

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi memberi rekomendasi destinasi wisata bagi Anda yang ingin berkunjung ke Babel.

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia yang menawarkan pesona wisata bahari. Provinsi dengan dua pulau utama dan sederet pulau kecil yang indah ini, pada 20-26 Juli 2016 akan menghelat gelaran budaya bertajuk Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara. Acara yang dipusatkan di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang ini diprediksi akan diramaikan banyak wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara.

Rustam Effendi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat ditemui tim travel Liputan6.com dalam acara peluncuran Festival Pesona Serumpun Sebalai 2016, Jumat (15/7/2016) mengatakan, banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan, yang lokasinya tidak jauh dari tempat berlangsungnya acara. Berbagai destinasi wisata yang ditawarkan sangat lengkap untuk satu paket wisata, mulai dari wisata bahari hingga wisata sejarah.

Berikut 6 destinasi wisata rekomendasi Rustam Effendi bagi Anda yang ingin berwisata ke Bangka Belitung sambil menyaksikan Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara.

Pantai Matras
Pantai Matras terletak tidak sekitar 40 kilometer dari Pangkalpinang dan hanya 7 kilometer dari Kota Sungailiat. Berlokasi di sebelah timur laut Pulau Bangka atau tepatnya berada di Desa Sinar Baru, pantai Matras memiliki keistimewaan pada pasir pantainya yang putih dan lembut. Tak hanya itu, pantai ini juga dipenuhi bebatuan eksotis ciri khas pantai Bangka Belitung.

Pantai Matras memiliki garis pantai sepanjang 3 kilometer dengan lebar mencapai 30 meter. Memiliki latar belakangan pemandangan alam berupa hutan asri, membuat pantai ini menjadi destinasi wisata bahari yang nyaman. Tak heran jika pantai ini kerap menjadi pilihan wisatawan yang melancong ke Babel, apalagi lokasinya kini dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata yang memadai.

Pagoda Vihara Puri Tri Agung
Memiliki arsitektur bangunan yang menawan, pura yang baru diresmikan berdiri pada 2015 ini makin dikenal luas di kalangan wisatawan. Lokasinya yang berada di Kota sungailiat, Kabupaten Bangka, tepatnya di dalam kawasan Pantai Tikus menjadi alasan lain mengapa bangunan pagoda ini menjadi sangat dikenal. Dari atas pagoda ini, wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Tikus yang memiliki garis pantai yang panjang, selain juga pasir lembut dan airnya yang jernih.

Museum Timah
Resmi dibuka pada 1997 oleh PT Timah Tbk, museum ini menyimpan tentang seluk beluk masalah pertambangan timah di Indonesia, khususnya di Bangka Belitung. Museum Timah menyimpan berbagai koleksi benda, mulai dari alat proses pennambangan timah, baik yang tradisional maupun modern, hingga berbagai foto dokumentasi tentang pertimanan di Indonesia. Berlokasi tak jauh dari Kota Pangkalpinang, museum ini bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata bagi Anda yang ingin menyaksikan Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara.

Rumah Pengasingan Bung Karno
Rumah napak tilas Bung Karno yang ada di kawasan Bukit Manumbing, Muntok, Bangka Barat, kini telah menjadi salah satu destinasi wisata sejarah menarik yang kerap dikunjungi wisatawan. Memiliki berbagai koleksi peninggalan bersejarah, menjelajahi ruang Wisma Ranggang merupakan salah satu cara mengenal sejarah Bung Karno dengan asyik. Untuk mengenang jasa Bung Karno kepada Republik, di halaman Wisma Ranggam kini dibangun Tugu Proklamasi.

Hutan Pelawan
Sesuai namanya, hutan ini dipenuhi dengan pohon Pelawan yang unik karena berbatang kayu merah. Pohon ini menjadi sangat menarik karena jarang ditemui, beruntung Provinsi Bangka Belitung menjadi salah satu kawasan endemik pohon Pelawan. Lebih dari itu, destinasi wisata yang banyak digemarik turis mancanegara ini juga menawarkan hamparan pemandangan alam yang menawan.

Pulau Putri
Pulau Putri yang berlokasi di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, memang telah lama menjadi salah satu destinasi wisata bahari di Provinsi Bangka Belitung. Sama halnya dengan berbagai pantai di Babel, pantai pulau putri juga dipenuhi dengan bebatuan granit yang menghitam. Di beberapa bagian batuan granit juga ditumbuhi karang. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat Kota Pangkalpinang membuat pulau ini kerap dikunjungi banyak wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini