Sukses

12 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Anda Hamil

Ternyata, tubuh akan mengalami banyak perubahan selama Anda hamil, apa saja? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Tentu saja, berita kehamilan adalah satu hal yang sangat luar biasa, seorang wanita mengandung seorang manusia lainnya di dalam tubuhnya. Namun, ternyata tidak hanya itu saja. Dilansir dari purewow.com, Jumat (15/7/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh ketika seorang wanita sedang hamil atau mengandung. Apa saja?

Baca Juga

1. Kehilangan kontrol terhadap kandung kemih
Ya, inilah yang menyebabkan seorang wanita hamil harus ke kamar mandi setiap saat. Bahkan, terkadang ketika Anda bersin atau tertawa, Anda bisa mengeluarkan sedikit air kencing.

2. Air asi akan keluar sebelum bayi lahir
Ini dikenal sebagai awal laktasi dan terjadi pada bulan atau minggu-minggu terakhir kehamilan, ketika tubuh benar-benar telah siap untuk melahirkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, cukup gunakan bantalan pada bra atau carilah bra yang memiliki bantalan bagi wanita yang akan melahirkan.

3. Ukuran kaki mungkin akan naik
Hal ini terjadi karena dua alasan. Pertama, tubuh mempertahankan lebih banyak cairan selama kehamilan dan rahim menekan pembuluh darah, sehingga Anda akan lebih mengembang dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan berbagai hal.
Usahakan jangan berbelanja sepatu terlalu banyak selama kehamilan, karena kemungkinan besar ukuran kaki Anda akan kembali seperti semula setelah melahirkan.

4. Kulit akan berubah warna
Fenomena ini dikenal sebagai hiperpigmentasi, karena tubuh seorang wanita selama kehamilan akan memproduksi lebih banyak melanin dari waktu biasanya. Ini akan menyebabkan bercak perubahan warna kulit dan biasanya terjadi di dahi dan pipi.
Anda juga disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan tabir surya.

5. Gusi mungkin akan berdarah
Peningkatan aliran darah dan perubahan hormonal dapat menyebabkan gusi Anda membengkak dan menjadikannya super sensitif, bahkan berdarah. Tidak hanya gusi, hidung Anda juga mungkin akan berdarah, namun Anda tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang biasa terjadi pada wanita hamil.

6. Mengalami sakit maag
Semua orang memiliki otot di bagian atas perut yang dapat mencegah asam naik ke kerongkongan. Sayangnya, hormon saat wanita hamil benar-benar dapat menyebabkan otot ini tidak bekerja dengan baik. Anda akan lebih sering bersendawa.
Anda disarankan untuk tidak makan beberapa jam sebelum tidur dan memilih posisi tidur kepala dan dada yang lebih tinggi.

7. Rambut akan menjadi lebih tebal
Ini mungkin akan menjadi kejutan yang menyenangkan. Hormon dalam tubuh ketika hamil akan menyebabkan rambut Anda lebih baik. Namun, jangan terlalu senang, karena semuanya akan berubah ketika Anda melahirkan.

8. Muncul garis di bawah perut
Tiga dari empat wanita hamil menyatakan bahwa mereka mendapatkan garis gelap di perut. Garis ini disebut sebagai linea nigra atau garis hitam dan disebabkan oleh hormon kehamilan.
Garis-garis ini akan lebih menonjol pada wanita dengan kulit gelap dan akan segera memudar setelah mereka melahirkan.

9. Indra akan meningkat
Entah baik atau buruk, Anda akan mendapati semua bau dan rasa menjadi berbeda.

10. Merasa gatal-gatal
Pada akhir kehamilan, keadaan kulit pada perut Anda akan terasa gatal tak tertahankan. Hal ini disebabkan oleh kondisi kulit yang super kering dan perengangan kulit akibat bayi yang tumbuh di dalam perut Anda.

11. Suara akan berubah
Kandungan esterogen dalam tubuh akan meningkat dan mengalami perubahan progesteron, sehingga pita suara akan membengkak dan menyebabkan suara Anda berubah.

12. Kulit akan bersinar
Benar bahwa ada cahaya kehamilan. Kulit Anda akan tampak bersinar dan ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini