Sukses

Trip Keren: Wisata Budaya di Kasepuhan Ciptagelar

Kasepuhan Ciptagelar merupakan desa adat yang berada dalam kawasan Kampung Sukamulya, Desa Simaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

Liputan6.com, Jakarta Kasepuhan Ciptagelar merupakan desa adat yang memilih hidup berdasarkan tata laku Sunda. Kasepuhan yang secara administrasi masuk dalam kawasan Kampung Sukamulya, Desa Simaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi ini ditinggali sekitar 29 ribu warga yang hidup dari hasil panen sendiri.

Setiap tahun, Kasepuhan Ciptagelar selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Desa adat yang berjarak sekitar 28 km dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi, ini memang memiliki banyak daya tarik, salah satunya upacara adat. Setidaknya ada 30 kali upacara adat yang dilakukan masyarakat Kasepuhan Ciptagelar, mulai dari seseorang melahirkan hingga upacara memperingati kematian. Upacara panen padi atau Seren Taun menjadi upacara yang banyak menarik perhatian wisatawan. (Dearni Grasia)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.