Sukses

5 Sumber Pemborosan yang Sering Tidak Disadari Banyak Orang

Agar tujuan penghematan Anda bisa tercapai, coba kenali beberapa sumber pemborosan yang sering tidak disadari banyak orang berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda ingin hidup hemat? Penghematan merupakan salah satu jalan terbaik untuk mencapai tujuan finansial dengan mengumpulkan tabungan. Jangan sampai di masa tua nanti Anda tidak punya tabungan cukup untuk pensiun. Agar tujuan penghematan Anda bisa tercapai, coba kenali beberapa sumber pemborosan yang sering tidak disadari banyak orang berikut ini.

1. Newsletter promosi diskon
Apakah Anda pernah subscribe di situs yang menawarkan kupon produk diskon? Jika Anda tipe orang yang sulit mengendalikan keinginan berbelanja, maka sebaiknya hindari berbagai email newsletter promosi penawaran kupon diskon tersebut dengan melakukan unsubscribe.

2. Menggunakan benda sekali pakai
Jika Anda membeli baju baru dan tidak pernah dipakai lagi untuk menghadiri suatu pesta atau perayaan, maka benda tersebut disebut benda sekali pakai. Atau, kalau Anda membeli banyak perabotan plastik yang tujuannya langsung dibuang setelah dipakai sekali, maka benda-benda tersebut juga termasuk benda sekali pakai. Cobalah untuk menggunakan benda yang bisa dipakai berulang kali. Carilah busana yang kira-kira dapat digunakan lagi untuk momen-momen lain agar tidak terbuang percuma.

3. Biaya administrasi bank
Melakukan tarik tunai di ATM bersama umumnya menimbulkan biaya tarik tunai. Jika tidak terpaksa, sebaiknya tarik dari ATM bank yang bersangkutan. Usahakan untuk membawa uang sedikit berlebih agar kejadian kepepet menarik tunai dari ATM bersama bisa dihindari.
Hal yang sama juga berlaku untuk transfer antar bank. Cobalah gunakan bank yang sama dengan bank pihak yang akan menerima transfer uang dari Anda jika memungkinkan. Misalnya saat belanja online, Anda bisa minta tolong kerabat yang memiliki rekening bank yang sama dengan pilihan bank yang disediakan toko online tersebut. 

4. Makan di restoran
Terlalu sering makan di luar rumah, seperti restoran juga mudah membuat Anda terjebak dalam gaya hidup boros. Cobalah membuat variasi dengan memasak makanan bersama-sama di rumah teman atau pasangan untuk alternatif. Selain lebih hemat, memasak bersama juga lebih menyenangkan.

5. Pelunasan tagihan minimum kartu kredit
Bagi Anda pengguna kartu kredit, jangan biasakan untuk membayar tagihan dalam jumlah minimum. Hal ini dapat menyebabkan Anda menunggak biaya bunga yang sangat tinggi, jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

Gunakan kartu kredit dengan bijak agar Anda bisa tetap berhemat dan selalu lakukan pembayaran penuh. Jika Anda sedang mencari kartu kredit yang tepat untuk kebutuhan Anda, manfaatkan situs pembanding produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.