Sukses

Trip Keren: Menyelami Budaya Lokal Kerajaan Boti

Kerajaan Boti di Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kaya akan wisata alam dan memiliki bermacam-macam kebudayaan. Traveling di Indonesia sambil mengenal budaya dari berbagai daerah yang berbeda tentu sangat menarik. Selain menambah wawasan mengenai tempat-tempat wisata dan mendekatkan diri dengan alam, jalan-jalan sambil mengenal budaya juga dapat memberikan pengalaman baru yang mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya.

Kerajaan Boti yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang menarik. Masyarakat yang menetap di kerajaan terakhir di NTT  ini hidup secara mandiri. Terdapat 300 jiwa yang terdiri dari 76 keluarga di kerajaan ini. Masyarakatnya sangat ramah pada para wisatawan yang ingin mempelajari kebudayaan mereka. 

Makanan pokok masyarakat Kerajaan Boti adalah jagung, yang di tanam sekali dalam setahun. Selain jagung, masyarakat Boti juga menanam kapas yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Dekat dengan alam, masyarakat Boti memiliki 18 upacara adat yang dilakukan mulai dari kelahiran hingga kematian.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Anda perlu menempuh perjalanan darat selama 6 jam dari kupang. Destinasi wisata budaya ini juga menyediakan penginapan yang layak bagi para wisatawan. Namun jika Anda ingin menyelami kebudayaan masyarakat Boti secara langsung, Anda dapat menginap di rumah warga. Daerah yang belum dialiri listrik tersebut, tentu akan membuat Anda lebih dekat dengan alam. Menarik bukan? Berikut video menarik tentang Kerajaan Boti. (Dearni Grasia)

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.