Sukses

Ini 6 Tanaman Obat yang Perlu Anda Tanam di Rumah

Taman bukan hanya pemanis halaman rumah, tak jarang orang memanfaatkannya sebagai tempat menanam tanaman obat.

Liputan6.com, Jakarta Taman bukan hanya pemanis halaman rumah, sebagian orang memanfaatkannya sebagai tempat menanam tanaman obat yang sewaktu-waktu diperlukan. Alih-alih ingin memberikan kesan rimbun di halaman rumah, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Seperti dilansir dari onegreenplanet.com, Sabtu (16/7/2016), banyak jenis tanaman obat yang bisa ditanam di taman rumah Anda. Berikut beberapa di antaranya, yang memiliki banyak manfaat bagi manusia, selain juga mudah tumbuh dan tidak perlu perawatan khusus.

Jahe

Tidak hanya bagus untuk kecantikan, jahe juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kamu lho. (Foto: herbalremediesadvice.org)

Jahe merupakan tanaman tropis yang mudah tumbuh di pekarangan rumah. Tanaman ini juga bisa ditanam dalam wadah yang dapat dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Jahe merupakan bahan alami yang mampu mengobati penyakit perut. Tak hanya itu, rempah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dapur untuk menghasilkan cita rasa masakan yang lezat.

Daun Kemangi

Jangan sepelekan kemangi. Daun hijau dengan aroma khas ini mengandung vitamin penting untuk tubuh. Apa saja?

Meski daun ini sering ditemukan dalam sajian kuliner Indonesia, namun belum banyak orang mengetahui khasiatnya. Daun kemangi yang mengandung sifat anti-inflamasi dipercaya mampu mencegah sakit persendian. Tak hanya itu, elemen anti-mikroba yang terkandung di dalamnya mampu mencegah timbulnya infeksi. Tak heran jika banyak orang menanam pohon kemangi di taman obat rumah mereka.

Cabai

Sejumlah bibit tanaman cabai terlihat subur di lokasi penyemaian. (Liputan6.com/Andrian M. Tunay)

Bagi orang Indonesia, makan belum lengkap tanpa sambal. Tak heran jika banyak orang menjadikan cabai sebagai salah satu kebutuhan pokok yang harus dibeli tiap hari. Untuk menyiasati harganya yang terus meroket, Anda bisa menanam cabai sendiri di taman rumah Anda. Selain tidak perlu perawatan khusus, tanaman cabai mudah tumbuh di mana saja, termasuk di dalam pot. Banyak manfaat yang bisa didapat dari cabai, salah satu yang terpenting adalah membantu detoksifikasi dalam tubuh.

Kunyit

merontokkan bulu ketiak dengan kunyit. (via: kenhonline.vn)

Sama halnya seperti jahe, menanam kunyit juga tidak perlu perawatan khusus yang melelahkan. Tanaman tropis ini mudah tumbuh di mana saja, termasuk di dalam pot yang kecil. Selain mudah tumbuh, kunyit juga dipercaya memiliki banyak manfaat, yaitu mampu menyehatkan pencernaan, melindungi kecerdasan otak, hingga mampu menyembuhkan luka dan mengurangi pembengkakan.

Bawang putih

Mengkonsumsi makanan yang mengandung bawang putih akan membuat napas berbau. Simak penyebab dan cara mengatasinya. Foto: Getty.

Rempah ini tentu sudah akrab bagi banyak orang karena peran pentingnya bagi berbagai menu masakan di dunia. Tak hanya itu, bawang putih juga memiliki peran penting bagi kesehatan manusia, salah satunya adalah sebagai bahan alami yang mampu melindungi tubuh dari zat-zat berbahaya. Bawang putih mudah tumbuh di mana saja, dan proses tumbuhnya juga sangat sederhana.

Ketumbar

Daun ketumbar| via: id.wikihow.com

Ketumbar merupakan tanaman dengan bentuk yang sangat indah dan memberikan kesan segar bagi mereka yang melihatnya. Selain bijinya, daun ketumbar juga memiliki banyak manfaat. Biji ketumbar yang kerap digunakan sebagai rempah masakan dipercaya mampu menjadi penawar bagi masalah usus dan melawan bakteri yang ada dalam usus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini