Sukses

4 Macam Kesalahan yang Tak Disangka Bikin Gagal Berhemat

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah memulai gaya hidup hemat? Penghematan merupakan salah satu jalan, untuk membantu Anda dengan keuangan pas-pasan dalam mencapai tujuan finansial. Misalnya, ingin beli mobil, ingin libur ke luar negeri, hingga menyiapkan dana pensiun. 

Ada banyak tips berhemat yang bisa Anda temui di mana-mana, namun tidak semuanya bisa diterapkan dengan mudah. Terkadang, bisa jadi Anda melakukan beberapa kesalahan yang justru membuat Anda semakin jauh dari hidup hemat. Penasaran apa saja kesalahan tersebut? Berikut beberapa hal yang kerap membuat gagal rencana untuk berhemat.

1. Memilih harga yang semurah-murahnya

Ini kesalahan klasik saat melakukan berhemat. Biasanya orang akan mencari harga yang paling murah untuk membeli suatu barang. Padahal, Anda juga perlu melihat kualitas dari barang yang Anda beli tersebut. Misalnya, toko A menawarkan baju seharga Rp 500 ribu yang didiskon hingga menjadi Rp 200 ribu, sedangkan toko B menjual baju yang sama dengan harga Rp 250 ribu. Coba cek apakah kualitas baju di toko A memang lebih baik atau minimal sama dengan toko B.

2. Stop total melakukan pengeluaran
Ada beberapa jenis pengeluaran yang sebaiknya tidak Anda korbankan untuk berhemat. Beberapa pengeluaran rutin seperti asuransi atau pemeriksaan kesehatan gigi mungkin Anda korbankan dengan alasan melakukan penghematan. Padahal, pengeluaran-pengeluaran tersebut memilik efek jangka panjang untuk mencegah Anda melakukan pengeluaran yang jauh lebih besar di kemudian hari.

Sebagai contoh, Anda memilih untuk tidak pergi ke dokter saat mengalami sakit gigi ringan, karena merasa akan sembuh dengan sendirinya. Sebenarnya pengeluaran yang dilakukan untuk memeriksa gigi ini mungkin akan jauh lebih kecil, dibandingkan suatu saat nanti ternyata gigi Anda harus ditambal atau dicabut dengan biaya yang jauh lebih besar.

3. Menghemat dengan tujuan yang kurang jelas

Kalau Anda tidak memiliki tujuan yang jelas dan hanya asal berhemat, penghematan yang Anda lakukan tak akan berhasil maksimal. Anda juga jadi tidak tahu apakah penghematan yang Anda lakukan sekarang sudah cukup atau tidak.

Agar dapat memaksimalkan gaya hidup hemat yang ingin Anda lakukan, Anda harus menetapkan tujuan yang lebih jelas. Sebagai contoh, saat Anda ingin memiliki mobil sendiri, Nah, tentukan kapan Anda ingin memilikinya dan berapa kira-kira nilai yang akan Anda keluarkan.

4. Mengorbankan kegiatan hiburan dan rekreasi
Demi melakukan penghematan, Anda mungkin memilih untuk menahan diri dari seluruh kegiatan yang bersifat hiburan untuk diri sendiri. Ini akan memberikan efek jangka panjang untuk kesehatan jiwa dan raga. Sebagai contoh, Anda memilih untuk berhenti nonton film di bioskop untuk menghapus seluruh pengeluaran nonton, padahal Anda pecinta film. Lama kelamaan Anda berisiko stres hanya demi melakukan penghematan. Solusinya Anda dapat menonton di bioskop dengan promo kartu kredit dan mendapatkan harga diskon yang jauh lebih murah. Untuk menemukan kartu kredit yang tepat, coba gunakan situs perbandingan produk keuangan populer HaloMoney.co.id agar lebih mudah melakukannya.

Artikel Selanjutnya
Banyak Nabung Enggak Bikin Kaya, Begini Seharusnya
Artikel Selanjutnya
Tuntutan Pegawai BNN Tewas ke Suami Cermin Masyarakat Konsumtif?