Sukses

4 Solusi Utama Mengatasi Ketombe dengan Cara Praktis di Rumah

Masalah kulit kepala yang paling mengganggu adalah ketombe. Intip 4 cara jitu yang dapat Anda coba di rumah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu masalah kulit kepala yang sangat mengganggu dan membandel adalah ketombe.

Ketombe kerap kali timbur disebabkan karena adanya minyak berlebih di kulit kepala, yang mengakibatkan sel-sel kulit mati bercampur sisa kotoran menggumpal, dan membentuk serpihan putih yang terasa gatal.

Ketombe juga bisa disebabkan karena rambut kering, dan alergi dengan kandungan bahan-bahan kimia dari dalam sampo. Untuk Anda yang sudah mencoba beragam sampo anti ketombe, namun masih berketombe coba cara jitu yang sederhana berikut ini. Dilansir dari boldsky.com pada Senin (11/7/2016), beragam bahan-bahan alami yang dapat Anda temukan di dapur dapat menjadi solusi penghilang ketombe.

Berikut, adalah beberapa bahan-bahan alami yang biasanya ada di dapur rumah Anda dan dapat menghilangkan ketombe.

1. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel bukan hanya bisa menghilangkan ketombe, namun memberikan banyak sekali manfaat. Campurkan sedikit air dan cuka sari apel secukupnya. Kemudian, oleskan di atas permukaan kulit kepala sambil memijat perlahan. Tunggu 15-20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

2. Minyak Castor
Minyak castor memiliki kandungan anti-jamur. Pijat kulit kepala Anda dengan minyak ini. Khasiatnya, dapat meredakan infeksi pada kulit kepala, menghambat timbulnya ketombe dan melancarkan sirkulasi darah. Diamkan selama sejam atau lebih, kemudian bilas seperti biasa.

3. Masker Yoghurt, Lemon dan Madu
Ciptakan masker alami di rumah dengan menggunakan yoghurt, lemon dan madu. Yoghurt yang memiliki anti bakteri alami, dicampur dengan perasan lemon yang dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit kepala. Sedangkan penambahan madu, berfungsi untuk melembabkan dan membuat rambut terlihat berkilau. Usapkan campuran masker tersebut pada kulit kepala sambil memijat kepala. diamkan selama satu jam, kemudian bilas.

4. Jus Lemon
Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat masker, cukup dengan menggunakan jus lemon murni tanpa campuran apapun Anda dapat meredakan ketombe yang membandel. Oleskan dan pijat kulit kepala Anda dengan dua sendok makan jus lemon. Diamkan sebentar dan jangan terlalu lama, cukup 15-20 menit. Karena jika terlalu lama akan menghilangkan kandungan minyak kulit kepala yang penting untuk menjaga kelembapan. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini