Sukses

Ini Wajah Sleeper Bus di Berbagai Negara, Bagaimana Indonesia?

Sleeper Bus menjadi moda transportasi alternatif di berbagai negara untuk perjalanan wisata yang nyaman dan berkesan.

Liputan6.com, Jakarta Sleeper Bus bukan suatu hal yang baru di dunia traveling. Bus yang dikhususkan memberi kenyamanan bagi penumpang layaknya di kamar sendiri ini telah lama hadir di beberapa negara. Meski demikian, di Indonesia bus jenis ini masih baru, dan diprediksi akan menjadi moda transportasi alternatif di tengah jalan yang semakin macet. Berikut wajah sleeper bus di berbagai negara, termasuk di Indonesia seperti disusun Liputan6.com, Senin (11/7/2016).

Amerika Serikat
His Majesty Coach merupakan salah satu operator sleeper bus terkemuka asal Amerika Serikat. Berdiri sejak 1986, HMC didirikan oleh Tom Brown, seseorang yang mendambakan perjalanan nyaman di atas bus. Berdasarkan pengalamannya, Tom Brown membangun HMC dan menjadikan Sleeper Bus sebagai produk unggulannya.

Foto: His Majesty Coach

Seperti dilansir dari hismajestycoach.com, HMC memiliki unit bus yang sangat mewah dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Berbagai fasilitas tersebut antara lain berupa 12 ruang tempat tidur yang nyaman dan dibatasi tirai, LCD TV, toilet yang dilengkapi shower, hingga ruang santai yang super nyaman. Namun demikian, Sleeper Bus HMC tidak digunakan untuk perjalanan rute, melainkan digunakan khusus bagi perjalanan tertentu, seperti konser tur, road show, sport team travel, hingga perjalanan kampanye politikus.

Inggris
Didirikan oleh Derek Crosbie, Starsleeper merupakan salah satu operator bus terkemuka asal Inggris yang baru dirintis pada 2013. Pengalamannya sebagai seorang sopir selama 12 tahun mengantarkan Derek untuk mengembangkan bisnis operator bus. Selama karirnya, Derek telah menjalin kerjasama dengan berbagai seniman, band, dan kru di seluruh Eropa. Kliennya merasa puas dengan layanan profesional, ditambah keramahan, dan berbagai fasilitas mewah yang ditawarkan.

Foto: Starsleeper

Seperti disarikan dari starsleeper.com, sleeper bus yang dikhususkan bagi perjalanan kru ini dilengkapi fasilitas, seperti 10 tempat tidur yang empat di antaranya memiliki ukuran ekstra besar, TV satelite dengan layar datar, kamar mandi, dapur yang dilengkapi mesin pembuat kopi, hingga musik dengan sound yang spektakuler. Banyak band terkenal yang telah menggunakan starsleeper untuk melakukan tur konser, antara lain Coldplay, Kiss, hingga U2.

Selandia Baru

foto: nakedbus

Nakedbus merupakan operator bus terkemuka yang beroperasi di willayah Wellington, Selandia Baru. berbeda dengan operator bus sebelumnya, Nakedbus menawarkan perjalanan menggunakan sleeper bus bagi siapa pun yang ingin menjelajahi keindahan destinasi wisata di Selandia Baru. Dibanderol dengan harga yang fantastis, Nakedbus dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah, antara lain tempat tidur dengan selimut yang nyaman, LCD TV, hingga layanan pramusaji dengan makanan dan minuman yang nikmat.

Vietnam

foto: sleeperbusvietnam

Berbeda dengan sleeper bus di negara lain, di Vietnam sleeper bus menggunakan ranjang agak miring untuk dapat menampung tempat tidur lebih banyak. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi rasa nyaman saat Anda berada di dalamnya. Jika operator bus lain menggunakan sleeper bus untuk keperluan perjalanan tertentu, sleeper bus di Vietnam digunakan untuk siapa saja dengan rute yang sudah ditentukan. Dari Ho Chi Min City, para pelancong bisa menjamah berbagai daerah di Vietnam dengan menggunakan sleeper bus. Seperti diungkap dari sleeperbusvietnam.com, tarif bus disesuaikan dengan panjangnya rute perjalanan.

Tiongkok

foto: Yutong

Yutong merupakan perusahaan yang banyak memperoduksi sleeper bus dengan single deck maupun double deck di Tiongkok. Meski sleeper bus telah ada sejak beberapa tahun lalu, namun operator bus masih tetap menggunakan ranjang yang tidak benar-benar rata layaknya tempat tidur di rumah. Posisi ranjang yang agak miring dimanfaatkan untuk menambah ruangan untuk kaki. Sama halnya dengan di beberapa negara lain, sleeper bus di Tiongkok juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, seperti jaringan wifi dan LCD TV.

Indonesia

foto: Po Brilian

Meski Sleeper Bus sudah ada sejak lama di berbagai negara, namun bus ini masih dianggap baru di Indonesia. PO Brilian merupakan salah satu operator bus yang berani mengembangkan bisnis sleeper bus di Indonesia, dan diklaim sebagai operator bus pertama yang mengusung konsep sleeper bus. Jarak antar wilayah di Indonesia yang berjauhan merupakan alasan mengapa bisnis sleeper bus punya potensi besar untuk dikembangkan. Diliuncurkan pertengahan tahun ini, Sleeper Bus besutan PO Brilian baru melayani rute Jakarta – Purwokerto – Purbalingga.

Dari segi fasilitas, Sleeper Bus di Indonesia tidak kalah dengan yang ada di beberapa negara lain. Dilengkapi dengan 20 tempat tidur nyaman berukuran 100x200 cm, para penumpang akan merasa nyaman tidur seperti di kamar sendiri. Tak hanya itu, sleeper bus ini juga dilengkapi pendingin udara, LCD TV, loker sepatu, dan pelayanan makan yang mewah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini