Sukses

Saatnya Kembangkan Bisnis Online Anda Sekarang Juga!

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi komunikasi dan internet yang semakin pesat menuntut para UKM untuk mengembangkan usaha dan bisnisnya agar terus maju. Kehadiran bisnis online terhadap UKM bisa meningkatkan pendapatan yang lebih besar daripada bisnis offline atau yang pada umumnya memiliki toko secara nyata.

Pengerjaan yang cukup muda tanpa perlu biaya tinggi memungkinkan siapa saja bisa menjalankan bisnis ini dan mendapat konsumen hingga ke luar daerah dan luar negeri.

Supaya sukses di bisnis online, maka Anda harus mengetahui seluk belum pemasaran secara online. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk mengembangkan bisnis jual-beli online.

1. Maksimalkan Media Sosial

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis online adalah dengan memanfaatkan media sosial secara maksimal.
Media Sosial merupakan wadah yang dapat meningkatkan kepercayaan dan menambah jumlah pelanggan. Untuk meningkatkan jumlah follower, Anda bisa berteman dengan akun twitter yang banyak followernya.

Selanjutnya, Anda harus mengetahui apa yang disukai dan dibutuhkan konsumen. Misalnya Anda ingin berjualan hijab, maka berikan informasi dan tips - tips cara berhijab yang kekinian dan sebagainya.

2. Tampilkan Foto dan Video yang Bagus

Untuk meningkatkan komunikasi kepada pelanggan Anda juga bisa memposting foto dan video yang bisa dishare ke semua inventori media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook dan Youtube.

Tampilan foto dan video sangat penting, karena tampilan visual yang bagus dapat meyakinkan pelanggan. Meskipun harga yang dilego lebih mahal dari toko online sebelah, dengan tampilan yang menarik, pelanggan pasti akan beli.

3. Packing Barang Pesanan dan Pelayanan Terbaik

Pengepakan atau packing barang pesanan menjadi bagian penting untuk mendukung bisnis online kamu. Jika packing barang pesanan baik dan tidak ada cacat, maka pelanggan akan mendapat kepuasaan. Komentar positif pelanggan akan mampu menyakinkan pelanggan lain sehingga bisnis online kita akan dianggap terpercaya.

Layanan terbaik tak hanya diberikan ketika pelanggan sedang memesan barang. Ketika ada keluhan, Anda juga perlu memberikan respon yang baik dan cepat.

4. Jalin Kerjasama dengan Pihak Lain

Pihak lain di sini seperti jasa pengiriman barang maupun produsen yang menyediakan barang-barang yang kita jual secara online.
Jalinan kerjasama ini harus dibangun dengan baik karena demi kemajuan bisnis jual beli online Anda. 

5. Permodalan

Ketika menjalankan bisnis online kita tidak bisa lepas dari yang namanya modal. Saat bisnis sepi, Anda butuh modal untuk mengembangkan, saat bisnis ramai Anda pun butuh modal untuk membesarkan bisnis supaya makin kuat.

Untuk sumber modal, Anda bisa mencoba layanan pinjaman modal usaha dari Mitra Toppers untuk menggembangkan bisnis online. Daftarkan diri Anda secara online dengan berbagai jenis modal dan kredit usaha yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan ragu untuk terjun ke bisnis online, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia jika produk unggulan UKM menjadi terkenal di luar daerah bahkan di luar negeri, serta menjadi usaha bersama yang terus dikembangkan.  

(Adv)

 

 

Artikel Selanjutnya
Garuda Indonesia - BNI Luncurkan Program Ayo Liburan
Artikel Selanjutnya
Begini Caranya Mengukur Gaji Anda Kecil atau Tidak