Sukses

Destinasi di Kudus Ini Bikin Liburan Makin Memorable

Anda hendak mudik ke Kudus? Silakan coba banyak kuliner menarik dan datangi destinasi unggulan ini!

Liputan6.com, Jakarta Orang menilai Kudus adalah kota keretek, kota tempat perusahaan-perusahaan rokok besar di tanah air memproduksi sigaret. Kota ini juga kaya dengan cerita sejarah dan budaya, terutama pengaruh Islam di era wali-wali.

Ada dua wali yang berada di sana, Sunan Kudus dan Sunan Muria di Gunung Muria. Juga dekat dengan Demak, yang menjadi tempat disemayamkan Sunan Kalijogo. “Karena itu, wisata budaya dan regili cukup dominan di sana,” kata Arief Yahya Menteri Pariwisata.

Dia juga mencontohkan tradisi Dandangan, yakni menutup jalan Sunan Kudus, selama 10 hari menjelang puasa. Biasanya jalan ini akan digunakan untuk pasar malam dan tempat berjualan aneka kebutuhan harian, di sepanjang jalan dari selepas alun-alun Simpang Tujuh sampai ke perempatan dekat Masjid Sunan Kudus.

Nah, Anda hendak mudik ke Kudus? Silakan coba banyak kuliner menarik dan datangi destinasi unggulan. Ini 10 titik #PesonaLebaranKudus yang perlu dikunjungi. 

1. Makam Sunan Kudus

Sayyid Ja’far Shadiq Azmatkhan atau yang lebih dikenal dengan Sunan Qudus merupakan salah satu dari sembilan wali yang berjasa besar menyebarkan agama islam di Indonesia. Meski berasal dari Palestina, namun jasanya yang besar dalam menyebarkan agama islam di tanah jawa membuat nama Sunan Kudus tak bisa dipisahkan dari perjalanan sejarah Indonesia.

Makan Sunan Kudus ini berada dalam kawasan Menara Kudus dan Masjid Al-Azsha. Maka wajib hukumnya bagi Anda untuk berkunjung ke sini bila sedang berada di Kudus.

2. Makam Sunan Muria

Sunan Muria juga salah satu dari sembilan wali yang berjasa besar menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Nama aslinya adalah Raden Umar Said. Nama Sunan Muria sendiri diambil dari nama gunung (Gunung Muria) yang berada di sebelah utara Kota Kudus yang kini menjadi tempat Ia dimakamkan.

3. Wisata Alam Rejenu

Kawasan Wisata Rejenu terletak tak jauh dari makam Sunan Muria. Jaraknya hanya tiga kilometer dari makam Sunan Muria. Selain menikmati suasana pegunungan yang masih asri dan damai, di sini juga terdapat sumber mata air yang dinamai Sumur Tiga Rasa.

Sesuai dengan namanya, mata air tersebut terdiri dari tiga sumber mata air. Uniknya, mata air pertama berasa tawar, mata air yang kedua mempunyai rasa seperti soda, dan mata air yang terakhir mempunyai rasa seperti tuak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air Terjun Montel

4. Air Terjun Montel

Air Terjun ini terletak di sebelah utara Makam Sunan Muria. Tinggi air terjun ini mencapai 50 meter. Besarnya debit air yang jatuh dari air terjun ini, membuat kawasan ini seakan terus diguyur hujan. Bila Anda datang ke sini harus siap basah-basahan.

5. Air Terjun Gonggomino Colo

Air terjun Gonggomino Colo letaknya tak jauh dari Air Terjun Montel. Meski tak setinggi Air Terjun Montel, namun keindahan yang ditawarkan Air Terjun Gonggomino Colo tak boleh Anda lewatkan.

6. Rahtawu

Rahtawu adalah nama desa yang berada di lereng Gunung Muria sebelah barat. Rahtawu sendiri berada di ketinggian 1.627 mdpl yang memungkinkan Anda bisa melihat Kudus dari ketinggian serta Kabupaten lainnya seperti, Grobogan, Pati dan Jepara. Indahnya alam pegunungan dan suasana pedesaan dijamin bakal membuat Anda betah untuk berlama-lama.

7. Situs Pati Ayam

Situs pati ayam ini berlokasi di Desa terban, Kecamatan Jekulo Kudus. Tempat ini merupakan sebuah situs purbakala yang menyimpan benda benda purbakala seperti fosil gading gajah purba, kerang laut, gigi geraham manusia purba danbanyak fosil purbakala lainnya.

3 dari 3 halaman

Museum Kretek

8. Museum Kretek

Kudus memang sangat terkenal sebagai salah satu sentra penghasil kretek. Di sini Anda akan diperkenalkan sejarah tentang kretek dan produksinya mulai dari pembuatan secara manual sampai menggunakan teknologi modern. Di sini juga ada rumah adat Kudusan, yang penuh dengan ukiran yang unik dan detail.

Museum ini jaraknya juga tak tauh dari pusat kota, hanya sekitar 3 kilometer saja.

9. Taman Oasis

Bagi Anda yang hobi bermain di taman, atau sekedar bersantai sambil ngobrol di taman maka Anda dapat mencoba berkunjung ke taman oasis.

Taman yang dibangun oleh PT. Djarum ini kini telah menjadi salah satu tempat favorit bagi warga kudus. Lokasinya berada di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

10. Waterboom Mulia

Waterboom Mulia Wisata ini beralamat di Jalan Kudus-Colo, Desa Lau, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Ya, Waterboom ini merupakan satu satunya wahana air yang ada di Kudus dan diresmikan tahun 2011 yang lalu.

Di tempat ini terdapat berbagai wahana permainan air diantaranya seperti kolam arus, ember besar dan kolam renang standar. Bila tidak ingin bermain air, Anda bisa mencoba ATV atau hanya sekedar memancing.

Seru bukan? Ayo, jelajahi #PesonaLebaranKudus sekarang juga!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini