Sukses

Yuk Kunjungi 10 Destinasi Wisata Alam Favorit di Tegal

Kalau tujuan akhir mudik ke Tegal, minimal ada 10 destinasi wisata alam favorit yang patut Anda kunjungi.

Liputan6.com, Jakarta Kota Tegal dan Kabupaten Tegal selalu menjadi objek foto yang menghiasi media hampir setiap tahun. Maklum Tegal-Brebes itu perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Tegal-Brebes juga pertengahan menjelang Kota Semarang, dari ibukota Jakarta. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan jika saat mudik lebaran Tegal menjadi tujuan akhir, maka tak lengkap jika liburan tidak datang ke wisata alam favorit di Tegal.

“Kalau tujuan akhirnya ke Tegal, ada minimal 10 destinasi wisata alam favourit yang perlu ditengok di sana,” ungkap MenparAriefYahya, di Jakarta.

Soal kuliner, Menpar Arief juga mengingatkan kalau Brebes yang satu garis dan berbatasan sangat nempel dengan Kota Tegal itu terkenal dengan telur asinnya. Di pinggir jalan Pantura itu sudah ada banyak penjaja telur asin. Sedang memasuki Kota Tegal, yang tersohor kulinernya adalah sate kambing.

“Ya, sate kambing Tegal, sangat dikenal luas oleh public. Silakan coba, mumpung berada di Tegal,” ujar Menteri Pariwisata RI, yang juga mantan Dirut PT Telkom ini.

Menpar Arief berpesan, jangan lupa share foto-foto keindahan alam dan karya budaya, seperti kesenian dan kuliner itu ke media social. Bisa Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Google+ dan lain-lain.

“Suasana bahagia, foto-foto suka cita, keindahan alam yang tertata, semua itu menginspirasi orang lain untuk mencontoh yang baik,” kata Arief Yahya . Yuk, berwisata di kota tempat kita pernah punya sejarah di masa silam. 

1. Curug Luhur

Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang memiliki kolam dalam, Curug Luhur ini justru memiliki kolam yang landai sehingga membuat semua pengunjung yang datang bisa menikmati sensasi bermain air di bawag gerojokan air terjun.

Air terjun yang memiliki ketinggian 25 meter ini juga menawarkan pesona alam yang luar biasa indahya. Pepohonan hijau dan tebing bebatuan yang berada di sekitarnya, seolah menjadi tempat yang pas bagi anda memulai petualangan di Tegal. Lokasi: Desa Sokasari, Kecamatan Bumijawa dan Desa Tuwel, Kecamatan Bojong (Dukuh Kopigandu), Kabupaten Tegal.

2. Curug Putri

Masih berada di wilayah Bumijawa, Curug Putri adalah salah satu air terjun yang bisa anda nikmati keindahannya. Air terjun ini merupakan aliran dari Sungai Kalipedes yang berhulu di Gunung Slamet.

Curug Putri atau Air terjun ini memiliki ketinggian +- 25 meter memisahkan Desa Dukuhbenda, Bumijawa, Tegal yang merupakan wilayah Kabupaten tegal dengan desa Padanama Kecamatan Sirampog yang masuk ke wilayah Kabupaten Brebes.
Lokasi: Desa Cintamanik, Bumijawa, Kabupaten Tegal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Curug Penganten

3.Curug Penganten

Tak jauh dari Curug Luhur, terdapat wisata air terjun yang bernama Curug Manten. Tidak seperti Curug Luhur yang ketinggiannya mencapai 25 meter, Curug manten ini tingginya hanya 14 meter. Nama Curug Manten sendiri diambil karena tempat ini memiliki dua mata air terjun yang berdampingan layaknya pasangan pengantin. Lokasi: Desa Sokasari, Kecamatan Bumijaya, Kabupaten Tegal.

4. Goa Lawet
Setelah menikmati air terjun, kini saatnya berpetualang menyusuri goa. Goa Lawet adalah salah satu tempat yang wajib anda kunjungi bila berada di Tegal.

Gua yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini, dipercaya sebagai tempat pertama sejumah penguasa atau raja-raja yang ada di kerajaan Mataram. Lokasi: Desa Harjowinangun, Balapulang.

3 dari 5 halaman

Pantai Alam Indah

5. Pantai Alam Indah

Pantai ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat Kota Tegal serta tidak jauh dari jalur Pantura sehingga kendaraan apapun bisa mengakses pantai ini hingga ke tepi.

Pantai Alam Indah dikenal dengan suasana senjanya yang mempesona. Tak heran jika pantai ini menjadi jujugan traveler yang hobi berburu fotografi dengan suasana matahari tenggelam. Lokasi: Jl. Sangir Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur.

6. Wisata Air Gerbang Mas Bahari

Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark merupakan tempat wisata lain yang terdapat di Kota Tegal. Tempat wisata ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga anda terutama saat musim liburan tiba.

Di tempat wisata ini terdapat berbagai macam wahana yang siap dinikmati seperti kolam renang, kolam ombak, wet futsal, kiddy pool dll. Lokasi: Jl. Pesurungan Lor – Tegal

4 dari 5 halaman

Situs Purbakala Semedo

7. Situs Purbakala Semedo

Tegal juga memiliki situs purbakala yang diberi nama Situs Purbakala Semedo. Situs ini berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal atau 23,8 km dari pusat Kota Slawi, Kabupaten Tegal. Meski ukurannya tidak besar namun situs ini memiliki koleksi yang lengkap. Sampai-sampai situs ini dijuluki sebagai Sangirannya Tegal.

Beberapa koleksi fosil yang bisa dijumpai disana antara lain fosil gajah purba, badak, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau, dan banteng. Selain itu ada pula tengkorak Homo Erectus dan peninggalannya, seperti kapak penetal, serpih, serut. Lokasi: Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal.

8. Batu Ancik

Batu Ancik atau Bukit Batu Pengancikan Pagerwangi merupakan bukit berbatu yang penuh dengan ilalang serta menawarkan pemandangan cantik dari area persawahan dan Gunung Slamet. Tempat ini sedang hangat jadi destinasi traveling anak muda setempat lantaran punya pemandangan yang luar biasa indah.

Tinggi bukit ini sekitar 384 mdpl sehingga cukup rama untuk dikunjungi traveler yang tidak punya pengalaman trekking sekalipun. Lokasi: Balapulang, Kab Tegal.

5 dari 5 halaman

Pemandian Air Panas Guci

9. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci adalah destinasi wisata paling populer di kabupaten Tegal. Letaknya berada di kaki Gunung Slamet yang menyediakan udara sejuk pegunungan serta air hangat alami dari perut bumi.

Sumber air panas yang berasal dari gunung api ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk menyehatkan badan. Oleh sebab itu kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam kota maupun daerah sekitar Tegal. Lokasi: Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah, Indonesia

10. RitaPark

Ini dia tempat wisata keluarga di Kota Tegal yang sedang naik daun. Rita Park, yang merupakan tempat wisata baru yang menawarkan berbagai wahana permainan. Rita Park juga merupakan wahana bermain terbesar di Jawa Tengah, jadi pasti rugi jika anda tidak mampir ke sini.

Wahana permainan yang ada disini diantaranya adalah Bom – bom Car, Cinema 5D, Circus Travel, Flying Tiger, Frog Jump, Kiddie Ride dll. Lokasi: Jl. Kol. Sugiono no 155 Tegal

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.