Sukses

Sebelum Mewarnai Rambut, Perhatikan Beberapa Hal berikut Ini

Perhatikan beberapa hal penting berikut ini sebelum Anda mewarnai rambut.

Liputan6.com, Jakarta Ingin merubah warna rambut? Pertimbangkan beberapa hal berikut seperti yang dilansir dari stylecaster.com pada Selasa (5/7/2016), agar proses pewarnaan rambut berhasil dengan maksimal.

1. Sesuaikan dengan jenis warna kulit Anda
Warna rambut yang sesuai dengan warna kulit wajah dan tubuh akan membuat kulit Anda terlihat lebih cerah. Namun sebaliknya warna rambut yang tak cocok akan membuat kulit wajah dan tubuh Anda terlihat kusam. Jika warna rambut yang dipilih terlalu terang, kulit wajah akan tampak pucat. Sedangkan warna rambut yang terlalu gelap bisa membuat kulit wajah terlihat kusam, bahkan membuat Anda terlihat lebih tua. Jika kulit banyak jerawat, maka hindari warna rambut kemerahan karena akan mempertegas penampakan jerawat yang sedang meradang di kulit wajah.

2. Pewarna rambut dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala
Hati-hati untuk Anda yang ingin merubah warna rambut ke warna yang benar-benar beda dengan warna alami rambut Anda. karena ini berarti rambut perlu melalui proses bleaching untuk melunturkan warna alami rambut terlebih dahulu. Bahan kimia yang digunakan dalam proses bleaching ini dapat menimbulkan iritasi pada kulit, mulai dari rasa panas, rasa gatal, perih, bahkan juga dapat membuat rambut Anda patah.

Merubah warna rambut menjadi lebih gelap juga memiliki risiko. Pewarna rambut yang gelap seperti coklat dan hitam, mengandung molekul p-phenylenediamine (PPDA atau pPD) yang berisiko memicu reaksi alergi di kulit yang peka. Reaksi alergi ini bisa terjadi seketika, ataupun perlahan-lahan setelah beberapa kali mewarnai.

3. Pilih proses perawatan yang tepat
Rambut yang diwarnai perlu perawatan khusus, setidaknya sampo dan kondisioner khusus rambut berwarna agar warnanya tak cepat luntur serta hairmask untuk menjaga kesehatan rambut.

Selain itu Anda juga harus rajin menepati jadwal pewarnaan ulang. Karena helaian rambut terus tumbuh, selang beberapa minggu setelah rambut diwarnai akan timbul perbedaan warna antara batang rambut dengan bagian akarnya. Artinya sekali Anda memutuskan untuk mewarnai rambut, Anda harus terus mewarnainya agar tidak terlihat belang antara akar dan batang rambut.

4. Sesuaikan dengan riasan wajah
Jika Anda mengganti warna rambut, maka gaya riasan wajah juga harus disesuaikan karena warna rambut sangat berpengaruh ke rona kulit wajah.

Yang pertama harus diganti adalah warna pensil alis. Biasanya warna alis yang ideal adalah satu atau dua tingkat lebih muda dari warna rambut. Pengecualiannya adalah jika rambut diwarnai dengan warna yang ekstrim seperti biru terang, pink, hijau, atau putih. Jangan ragu untuk mengganti warna foundation, blush on dan lipstik jika dirasa warna kulit terlihat sangat beda setelah mewarnai rambut. Sesuaikan warna makeup dengan perubahan rona kulit sesudah rambut diwarnai.

(Ardi Suryaatmaja Setiatmawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini