Sukses

Langkah-Langkah Sederhana untuk Atasi Penuaan Dini

Penuaan dini dapat dicegah dengan langkah-langkah sederhana berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Penuaan dini sering kali muncul tanpa disadari. Mulai timbul garis-garis halus di kening? Tak perlu panik dan terburu-buru ingin suntik Botox. Ikuti tips mudah yang dilansir dari Allure.com pada Selasa (5/7/2016) berikut ini.

1. Lakukan proses eksfoliasi dengan teratur
Proses eksfoliasi adalah proses menghilangkan tumpukan sel kulit mati. Jika tumpukan sel kulit mati in dihilangkan, kulit akan terlihat lebih segar. Anda bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan scrub ataupun di klinik dokter kulit dengan bahan kimia. Selain menghilangkan tumpukan sel kulit mati, proses eksfoliasi juga mampu meminimalkan tampilan pori-pori sehingga kulit terlihat lebih halus sekaligus membantu proses regenerasi kolagen dan membantu agar produk perawatan yang digunakan dapat diserap lebih baik oleh kulit.

2. Batasi konsumsi gula
Gula ada pada setiap makanan terutama dalam kategori karbohidrat mulai dari beras, roti sampai buah seperti apel. Saat Anda mengkonsumsinya, tubuh akan mengubahnya menjadi gula glukosa yang akan menaikkan kadar insulin, seperti yang disampaikan oleh Karen Hammerman, seorang dermatologis dari New York.
Karbohidrat olahan seperti gula pasir, beras putih, roti tawar putih, minuman jenis soft drink, permen, es krim serta kue-kue akan mengakibatkan kadar insulin naik dengan tinggi yang berujung pada peradangan sel-sel di seluruh tubuh. Peradangan ini menghasilkan timbulnya enzim yang mampu menghancurkan kolagen dan elastin di kulit sehingga kulit pun kendur dan berkerut, bahkan dapat menimbulkan jerawat.

3. Batasi penggunaan smartphone
Paparan sinar LED, blue light dan radiasi elektromagnetis dari smartphone yang terjadi terus menerus dalam jangka panjang bisa merusak kulit, seperti yang disampaikan oleh Kavita Mariwalla, seorang dermatolog dari New York. Selain itu, sinarnya yang terang mengakibatkan timbulnya lingkaran gelap di bawah mata.

4. Selalu gunakan tabir surya
Tak hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet dari matahari yang menyebabkan kerutan, tabir surya akan memberi kesempatan pada sel-sel kulit untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari yang terjadi pada hari-hari sebelumnya.

5. Gunakan produk perawatan kulit berbahan retinol
Retinol bekerja sangat baik untuk merangsang produksi kolagen yang memperkuat kulit sehingga tak cepat berkerut. Tak heran jika bahan ini kerap direkomendasikan oleh para dokter kulit untuk menangkal terjadinya penuaan dini di kulit.

(Ardi Suryaatmaja)

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini