Sukses

Ini Referensi Destinasi Wisata Libur Lebaran di Jawa Timur

Lebaran tahun ini, berbagai destinasi wisata di Jawa Timur siap menampung wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Jawa Timur yang terbagi menjadi 29 kabupaten dan 9 kota ini tak hanya kaya dengan seni dan budayanya, tetapi juga memiliki keindahan alam yang menawan. Banyak wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang menjadikan Jawa Timur sebagai salah satu destinasi liburan. Lebaran tahun ini, Jawa Timur telah mempersiapkan berbagai destinasi wisata bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga.

Seperti disusun tim Liputan6.com, Sabtu (2/7/2016), berikut 6 destinasi wisata terpopuler untuk menghabiskan waktu libur Lebaran Anda bersama keluarga tercinta.

Air Terjun Madakaripura

Madakaripura merupakan air terjun dengan karakteristik bentuknya yang unik. Keunikan tersebut terletak pada bentuk dinding air terjun yang melengkung sempurna. Dengan tinggi pancur mencapai 170 meter, Air Terjun Madakaripura didadulat sebagai air terjun tertinggi dan terindah di Jawa Timur. Selain indah, air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru ini juga diyakini sebagai tempat bertapa Patih Gajah Mada.

Jembatan Suramadu

Indahnya Jembatan Suramadu di malam hari.

Jembatan yang menghubungkan daratan Jawa Timur dengan Kepulauan Madura ini merupakan jembatan yang tidak hanya menjadi kebanggan masyarakat Jawa Timur, tetapi juga menjadi kebanggaan Indonesia. Menjadi penghubung bagi 4.000 mobil dan 8.000 motor setiap hari, jembatan Suramadu ditopang oleh dua tower yang memiliki tinggi mencapai 140 meter dari atas air, dan disanggah oleh 144 kabel penopang yang di tanam dengan fondasi sedalam 100 meter. Jembatan Suramadu menjadi salah satu destinasi wisata bagi mereka yang berkunjung ke Surabaya. Selain menjadi kebanggaan, jembatan ini terlihat menawan ketika malam hari.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah. | via: initempatwisata.com

Pantai ini terletak di kabupaten Banyuwangi. Pantai yang memiliki ombak menawan ini kerap menjadi pilihan para peselencar untuk menunjukkan keahliannya. Memasuki akhir pekan, pantai Pulau Merah menjadi pilihan liburan keluarga. karakteristik ombak yang saling berbenturan menjadikan beberapa bagian pantai ini cocok untuk dijadikan tempat bermain anak. Karakteristik utama pantai Pulau Merah adalah batu karang yang menyerupai gunung di bibir pantai. Saat sedang surut, para wisatawan bisa menjelajahi pulau karang tersebut.

Pantai Papuma

Pantai Papuma, pantai eksotik yang ada di Kabupaten Jember, Jawa Timur

Nampaknya salah jika tidak memasukkan pantai ini sebagai salah satu pantai terbaik. Dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang eksotis, hempasan ombak yang menakjubkan, dan garis pantai yang panjang, membuat pantai yang berlokasi di Kabupaten Jember ini kerap menjadi pilihan utama bagi wisatawan yang melancong ke Jawa Timur

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Air terjun yang memiliki tinggi pancur mencapai 40 meter ini, dahulu merupakan tempat menyepi bagi seorang kakek yang ingin mencari makna kehidupan. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, Air Terjun Kakek Bodo menjadi objek wisata alam keluarga yang selalu ramai di akhir pekan.

Air Terjun Nglirip

 Mitos pertama yang sangat terkenal adalah konon barang siapa yang mandi di air terjun ini maka dia akan dimudahkan untuk mendapat jodoh.

Berlokasi di Tuban, Jawa Timur, air terjun ini sangat terkenal dengan mitos-mitosnya yang penuh misteri. Mitos yang paling menarik adalah kepercayaan dimudahkan mendapat jodoh bagi siapapun yang mandi di air terjun ini. Nama ‘Nglirip’ diambil dari nama puteri yang dipercaya arwahnya masih mendiami gua yang berada di dinding air terjun. Dikelilingi dengan tumbuhan hijau, Air Terjun Nglirip tampak memesona dengan airnya yang jernih

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini