Sukses

9 Hal yang Hanya Dimiliki Orang Kreatif

Liputan6.com, Jakarta Melakukan pekerjaan tak hanya memerlukan kedisiplinan dan dedikasi saja, tetapi juga kreativitas. Hal tersebut berkaitan dengan karya yang ingin Anda hasilkan.

Karya yang Anda buat berbicara tentang bagaimana pola pikir dan kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kreativitas tak hanya soal bakat, tetapi juga bisa ditumbuhkan oleh proses dan latihan.

Seperti yang dilansir dari Lifehack.org pada Sabtu (2/7/2016), Liputan6.com merangkum beberapa hal yang dimiliki oleh orang kreatif dan Anda pun bisa melakukannya.

1. Mereka memiliki pikiran yang tidak lambat

Cara berpikir orang kreatif digambarkan seperti mesin yang terus berjalan karena didorong oleh rasa ingin tahu yang kuat. Tidak ada kata "rehat" dan bahkan mustahil untuk di non-aktifkan. Hal ini bisa menimbulkan efek lelah dalam beberapa kesempatan, tetapi juga menjadi sumber kekuatan yang menyenangkan hati.

2. Mereka menantang status quo

Ada dua pertanyaan yang selalu timbul di benak orang kreatif ketika diperhadapkan pada sebuah keputusan yang terlihat absolut, yauitu bagaimana jika? dan kenapa tidak? Mereka kerap kali mempertanyakan keputusan orang-orang yang hanya menilai sesuatu dari nominalnya saja tanpa memperlihatkan esensinya.

3. Mereka jenius

Individu yang kreatif akan lebih otentik ketimbang mengikuti pendapat populer. Mereka tetap setia pada pola pikir diri sendiri dan tidak mau berkompromi untuk mendefinsikan kesuksesan yang sebenarnya. Biasanya, dengan pola pikir seperti itu, mereka sering terpinggirkan.

4. Mereka tidak bisa terjebak pada rutinitas

Orang kreatif memiliki energi yang besar dalam membentuk mental dan memulai hal-hal baru. Mereka tidak akan bisa terkungkung dalam sebuah rutinitas yang membosankan dan mudah tertarik pada hal-hal baru.

5. Mereka menciptakan siklus

Kreativitas memiliki ritme yang mengalir ketimbang pemikiran populer. Hal tersebut membuat orang kreatif cukup peka terhadap berbagai macam kondisi dan tahu betul bagaimana cara menyelesaikannya.

6. Mereka membutuhkan waktu untuk mengembangkan kreativitas

Dengan energi yang cukup besar dan melelahkan, orang-orang kreatff membutuhkan waktu lebih untuk memperbaharui sumber inspirasi mereka. Seringkali, mereka membutuhkan waktu untuk sendiri.

7. Mereka membutuhkan ruang untuk berkarya

Memiliki lingkungan yang tepat akan sangat penting bagi perkembangan kreativitas seseorang. Bahkan mereka lebih memilih tempat-tempat yang tidak umum digunakan untuk bekerja, seperti kedai kopi atau sudut rumah yang tenang. Dengan hal tersebut, mereka bisa mengatur sumber inspirasi untuk berkarya.

8. Mereka fokus

Orang yang kreatif memiliki kemampuan untuk menyelaraskan diri dan fokus yang tinggi. Mereka tidak bisa multi-tasking secara efektif dan bahkan butuh waktu cukup lama untuk kembali fokus.

9. Mereka memiliki kepekaan tinggi

Kreativitas berbicara tentang ekspresi manusia dan berkomunikasi dengan diri sendiri. Orang-orang kreatif cenderung memiliki kepekaan dan tingkat emosional yang tinggi. Hal tersebut membuat mereka mempunyai perasaan yang dalam akan sesuatu.