Sukses

10 Surga Dunia Ini Bisa Kamu Kunjungi di Bintan!

Sebelum sampai ke tujuan, ayo cari tahu dulu #PesonaLebaranBintan

Liputan6.com, Jakarta Menpar Arief Yahya menyebut, liburan Lebaran dan anak-anak sekolah Juni-Juli 2016 harus dipersiapkan. Paling tidak destinasi dan industri pariwisata yang akan bertemu langsung dengan wisatawan baik mancanegara maupun nusantara. "Khusus Bintan, bukan hanya yang mudik untuk merayakan Idul Fitri, tapi juga yang sedang berlibur di sana, ada 10 titik yang harus dikunjungi," kata Arief Yahya di Jakarta.

Jauh hari sebelum sampai ke Bintan, Kepri, sebaiknya direncanakan, agar liburan keluarga menjadi berkualitas. Soal lokasi? Dispar Bintan sudah punya aplikasi Google Maps, silakan klik di sini. Sebagai gambaran, sebelum sampai ke tujuan, baiknya pelajari dulu #PesonaLebaranBintan sebagai berikut.

1. Pantai Lagoi Bay

Pantai Lagoi Bay merupakan kawasan pantai yang dilengkapi dengan fasilitas hotel, pertokoan dan cafe. Kawasan pantainya tertata rapi dan indah dengan taman bunganya. Maka tak heran jika pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun berada di kawasan eksklusif namun pantai ini bebas dikunjungi oleh siapapun tanpa dipungut biaya.

2. Love Lock Lagoi 

Bagi pasangan yang ingin mengabadikan cintanya silahkan datang ke Love Lock yang berada di Plaza Lagoi. Sediakan gembok cintamu dan pasangkan ke tempatnya. Love lock merupakan tempat favorit yang dikunjungi oleh kawula muda.

3. Wisata Mangrove Lagoi

Berwisata menyusuri hutan bakau memberi sensasi tersendiri terutama bagi Anda penyuka petualangan ke Alam bebas. Melihat keaneka ragam flora dan fauna di hutan mangrove, bahkan pada malam hari kita disuguhkan dengan keindahan cahaya dari kunang -kunang yang sangat indah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pantai Dugong Trikora

4. Pantai Dugong Trikora

Kepulauan Riau khususnya Bintan memang dikenal dengan keindahan pantainya, pasir putih, air laut yang jernih merupakan tempat yang pas untuk menikmati kebersamaan dengan orang-orang tercinta. Setiap akhir pekan dipastikan pantai ini dipenuhi oleh wisatawan yang datang untuk bersantai dan menikmati olahraga laut seperti berenang ataupun main banana boat.

5. White Sand Island

Tak hanya dianugerahi pantai yang indah, wisata bawah laut pun tak.kalah menakjubkan. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang tertarik untuk menikmatinya dengan snorkling maupun diving. White Sand Island adalah spot yang paling sering dikunjungi. Pulau kecil ini memiliki pasir putih yang halus dan dapat diseberangi dari pantai trikora hanya 10 menit dengan menggunakan perahu. Keindahan pulau ini sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Bintan.

6. Mini Zoo / Taman Kota Kijang
Merupakan tempat wisata yang menarik untuk keluarga, melihat dari dekat "kekah" atau presbytis natunae kera langka yang hanya hidup di kepulauan Natuna. Bukan hanya itu saja Mini Zoo Kijang juga memiliki "pelanduk" hewan pemalu yang sering jadi tokoh sentral dalam hikayat atau legenda rakyat kepri dan juga koleksi hewan lain yang menarik untuk dilihat dan menambah wawasan bagi putra-putri kita, berwisata sambil belajar. Alamatnya di Kijang kota bintan Timur sekitar 30 menit dari Kota tanjung Pinang.

3 dari 3 halaman

Pantai Sakera

7. Pantai Sakera

Pantaisakera sering dijadikan tempat wisata untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati suasana laut yang indah. Apalagi, terdapat pondok-pondok kecil di sepanjang garis pantai, bahkan pengunjung pun diberi kesempatan secara gratis menempatinya apabila datang di luar akhir pekan.

8. Museum Bahari

Lokasinya di jalan Pantai trikora Km. 36. Dalam museum ini terdapat miniatur bahari khas Bintan seperti Kelong (tempat penangkapan ikan bilis atau teri), kapal pompong, dsb.

9. Taman Relief Antam Kijang

Berada di pusat kota Kijang kecamatan Bintan Timur, taman ini terdiri dari beberapa relief yang menggambarkan peristiwa proses penambangan bauksit. Hal ini disebabkan karena Pulau Bintan merupakan daerah penghasil bijih bauksit tertua di Indonesia oleh karena itu dibangunlah taman relief antam ini.

10. Wisata Religi ziarah Bukit Batu

Wisata religi yang satu ini merupakan tradisi masyarakat yang turun menurun. Bukit Batu dipercaya sebagai makam keramat dari jejak sejarah Melayu Pulau Bintan. Umumnya masyarakat yang datang dengan niat baik, dan membawa buah tangan seperti bunga telur dan nasi kunyit. Tradisi ini telah terjadi sejak zaman jepang.

Selamat berlibur, Salam #PesonaLebaranBintan 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini