Sukses

5 Strategi Berkemas Ini Melindungi Anda dari Biaya Bagasi Ekstra

Packing atau berkemas tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Yuk kita lakukan 5 strategi berkemas berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran sudah tinggal menghitung hari, dan musim liburan akan segera tiba. Salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat kita lakukan saat berlibur adalah pergi traveling. Salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum pergi traveling adalah melakukan packing atau mengemas barang-barang bawaan di dalam koper.

Packing atau berkemas yang baik tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Anda berpotensi terkena biaya bagasi ekstra kalau koper yang Anda bawa terlalu banyak, entah itu saat perjalanan pergi maupun pulang nanti. Agar Anda bisa menghemat dan terhindar dari biaya ekstra tersebut, coba 5 strategi packing atau berkemas berikut ini:

1. Manfaatkan tas kabin
Jangan lupa bahwa Anda juga bisa menggunakan tas yang dapat dibawa ke dalam kabin pesawat untuk menyimpan kelebihan barang. Lebih baik Anda repot sedikit dengan membuat tas kabin lebih berat daripada memaksakan seluruh barang masuk koper dan dikenai biaya ekstra karena bagasi Anda terlalu berat, bukan?

2. Hindari membawa banyak barang ekstra
Saat traveling, Anda juga perlu memastikan bahwa barang-barang yang dibawa memang akan digunakan. Hindari membawa terlalu banyak barang ekstra untuk antisipasi berbagai macam kejadian. Misalnya, untuk pergi 4 hari 3 malam, Anda cukup membawa 4 baju ganti dan 1 baju tidur. Tidak perlu sampai antisipasi membawa 6 atau 7 baju ganti (kecuali memang berencana untuk pergi ke tempat yang membuat baju kotor). Kurangi peralatan mandi, karena umumnya disediakan di tempat atau hotel Anda menginap.

3. Coba gunakan jasa kurir untuk mengirim oleh-oleh yang dibeli
Ini berlaku terutama bagi Anda yang traveling di wilayah domestik. Kalau Anda membeli oleh-oleh terlalu banyak, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa kurir. Biaya pengiriman dengan kurir bisa jadi lebih murah daripada Anda harus membayar biaya bagasi ekstra. Jangan lupa, riset terlebih dahulu biaya kurir sebelum Anda berangkat.

4. Kurangi baju yang dibawa, gunakan baju yang dibeli di tempat tujuan
Jika Anda tahu bahwa belanja busana di tempat tujuan adalah salah satu kegiatan yang akan Anda lakukan, maka Anda bisa menghemat dengan tidak membawa terlalu banyak baju saat akan pergi. Anda dapat gunakan langsung baju yang Anda beli di tempat tujuan nanti.

5. Sediakan tempat kosong di dalam koper saat berangkat
Ketika mengemas barang, Anda perlu mempersiapkan celah kosong untuk diisi juga oleh barang-barang yang akan Anda beli dari tempat tujuan saat traveling nanti. Jangan sampai Anda perlu membayar biaya bagasi ekstra saat perjalanan pulang karena terlalu banyak membeli barang.

Agar lebih hemat, Anda juga dapat mencoba mencari cara untuk menghemat biaya perjalanan dan penginapan hotel. Anda bisa memanfaatkan kartu kredit dengan berbagai promo untuk mendapatkan harga tiket perjalanan maupun hotel yang lebih murah. Manfaatkan situs perbandingan seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah Anda.

(HaloMoney.co.id)

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.