Sukses

4 Kebiasaan Belanja yang Membuat Tagihan Kartu Kredit Bengkak

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda menggunakan kartu kredit untuk belanja berbagai kebutuhan? Kartu kredit memang bermanfaat dalam berbagai transaksi belanja, apalagi bila Anda memanfaatkan fitur seperti cicilan 0%, diskon, maupun cashback, Anda dapat berhemat. Prinsipnya, gunakan kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan.

Namun meskipun begitu, pada kenyataannya masih banyak orang yang mengalami permasalahan tagihan kartu kredit yang membengkak akibat berbelanja. Apa saja sih kebiasaan belanja yang bisa membuat Anda nyaris menangis saat melihat tagihan kartu kredit? Simak 4 jenis kebiasaan belanja tersebut di sini:

1. Belanja Saat Stres
Saat Anda sedang stres karena tekanan pekerjaan atau usaha Anda sedang jatuh, tindakan paling umum yang biasanya Anda lakukan adalah mengalihkan stres tersebut kepada kegiatan lain. Ada yang memilih untuk berlibur, makan-makan, menyendiri di pojok kamar, atau malah pergi berbelanja. Kalau Anda merasa stres, coba alihkan perhatian dengan mencari teman yang bisa diajak berpikir rasional, curhat di tempat murah, atau lakukan kegiatan olahraga.

2. Belanja agar dikira kaya
Terkadang, bisa jadi Anda bukan ingin pamer barang yang Anda beli. Ada juga orang-orang yang merasa dirinya masuk kalangan borju (berduit) jika sering berbelanja dengan kartu kredit. Jika Anda ingin pamer kepada teman-teman dengan berbelanja menggunakan kartu kredit tanpa pikir panjang, keinginan inilah yang bisa membuat tagihan kartu kredit Anda memiliki banyak angka nol di belakang.

3. Belanja demi hunting poin atau voucher hadiah
Jika Anda sering berbelanja demi mengejar poin hadiah yang ditawarkan dari transaksi penggunaan kartu kredit, maka tagihan Anda akan mudah membengkak. Poin hadiah memang dapat digunakan untuk strategi penghematan dengan kartu kredit, namun bukan berarti tujuan utamanya adalah berburu poin tersebut dan dapat berakibat membuat Anda memiliki pengeluaran yang tidak perlu. Pastikan Anda hanya membeli barang-barang yang memang diperlukan saja. Lama kelamaan poin hadiah tersebut akan terkumpul dengan sendirinya.

4. Belanja sesuai kebutuhan, tapi…
Merasa pola belanja Anda normal tapi tagihan kartu kredit tetap bengkak? Coba periksa apakah Anda hanya melakukan pelunasan tagihan minimum saja atau tidak. Memang pada lembar tagihan tertulis Anda cukup melunasi pembayaran minimum saja (biasanya sebesar 10%) agar kartu kredit tetap aktif. Namun, sebagai gantinya Anda akan dikenai beban bunga atas nilai transaksi yang belum lunas. Semakin banyak yang belum Anda lunasi, semakin banyak pula beban bunga yang akan Anda tanggung.

Kini saatnya Anda mencari kartu kredit yang tepat dan sesuai kebutuhan. Gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah Anda menemukannya.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ini Situasi Saat Anda Butuh Kartu Kredit untuk Transaksi Belanja
Artikel Selanjutnya
5 Cara Pintar Manfaatkan Promo Kartu Kredit buat Beli Elektronik