Sukses

Prestasi Desainer Indonesia pada Kaleng Soda untuk Euro 2016

Dunia desain grafis Indonesia sempat ramai akan kabar Gilang Bogy yang dipercaya mendesain kaleng soda Coca Cola Jerman untuk Euro 2016

Liputan6.com, Jakarta Dibalik sosok sederhananya, tak ada yang menyangka bahwa seorang mahasiswa Manajemen Universitas Sebelas Maret, Solo bernama Gilang Bogy telah berhasil menjadi pusat perhatian masyarakat tanah air. Pasalnya, pemuda asal Solo ini menjadi desainer grafis kaleng soda bergambar khusus pemain Timnas Jerman yang tengah berlaga di Piala Eropa UEFA Euro 2016 di Prancis.

Gilang menceritakan perihal pengalamannya mendapat kesempatan mendesain kaleng minuman soda tersebut dan dikontak oleh Coca Cola Jerman. Berawal dari tahun 2013 ketika Gilang baru menekuni salah satu desain dengan teknik Wedha's Pop Art Potrait (WPAP) yang berasal dari Indonesia.

Selama proses belajar tersebut, Gilang mengatakan bahwa dirinya juga mulai menerima tawaran mendesain foto teman-temannya secara gratis.

"Saya kebetulan tidak kuliah di jurusan DKV sehingga baru tertarik belajar desain pada tahun 2013 dan hasilnya sudah bisa ditebak masih berantakan," ujar Gilang pada jumpa pers yang dihadiri Liputan6.com pada Selasa (28/6/2016).

"Saya sendiri terjun di dunia desain dan sangat tertarik pada teknik WPAP asli Indonesia lalu upload serta share di portfolio online," ujar Gilang.

Winny Soendaroe selaku Communication Manager, Gilang Bogy selaku Visual Designer Coca-Cola edisi Euro 2016, Wedha Abdul Rasyid selaku pencipta metode WPAP

Lalu pada 2015, Gilang mendapat tawaran pengerjaan desain kaleng Coca-Cola Jerman melalui surat elektronik dan rancangannya hanya dipasarkan di Jerman untuk menyambut Euro 2016.

"Saya dihubungi langsung melalui email oleh Coca-Cola Jerman dan mereka sendiri tahu dari Instragram saya dan beberapa portfolio online di media sosial," ujar Gilang.

Setelah ditunjuk untuk mengerjakan proyek desain 24 wajah pemain, Gilang membutuhkan waktu pengerjaan hingga 1 bulan. Namun, ia sedikit kurang puas karena desain full colour yang diajukannya hanya menjadi hitam putih.

"Agak kurang puas, tetapi saya tidak kecewa karena konsep awal WPAP adalah full colour walau hasil akhirnya hitam putih," ujar Gilang.

Menanggapi prestasi putra bangsa tersebut, Triyono Prijoesilo selaku Public Affairs & Communication Director PT Coca Cola Indonesia mengatakan bahwa pihaknya bangga dan gembira dengan keberhasilan Gilang Bogy.

"Tentunya kami bangga dan gembira dengan adanya putra bangsa yang ditunjuk langsung oleh Coca-Cola Jerman untuk merancang sebuah gambar dan mungkin kedepannya akan ada proyek kejutan lainnya menanggapi prestasi Gilang Bogy," ujar Triyono yang hadir pada acara tersebut.

Hasil karya Gilang Bogy pada kaleng Coca-Cola Jerman

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.