Sukses

Situ Babakan, Tempat Ngabuburit Asyik di Selatan Jakarta

Dipenuhi rerimbun pohon dan berbagai aktivitas wisata menarik, Situ Babakan jadi salah satu tempat yang tepat untuk ngabuburit.

Liputan6.com, Jakarta Situ babakan hari itu sejuk, sinar matahari sore yang jatuh tertahan rerimbun pohon di sepanjang pinggir danau. Jauh dari suara bising kendaraan, Situ Babakan jadi pilihan tepat bagi banyak orang yang ingin ngabuburit di tempat tenang namun tak jauh dari ibukota. Lebih dari sekadar tempat ngabuburit, Setu Babakan juga menjadi lokasi bagi siapa pun yang ingin menikmati eksotika peradaban Suku Betawi.

Berdiri atas SK Gubernur No 92 tahun 2000, Setu Babakan masih memelihara warisan tradisi dengan sangat baik, termasuk rumah adat, makanan khas, hingga berbagai keseniannya. Tak hanya itu, perkampungan budaya Betawi ini juga menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik.

Bagi pengunjung yang gemar wisata kuliner, di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai kuliner khas Betawi, mulai dari dodol, kerak telor, hingga bir pletok. Bagi yang berminat, siapa pun bisa mempelajari sejarah kuliner khas Betawi, sambil menyaksikan secara langsung pembuatannya.

Perahu Bebek, salah satu fasilitas penunjang wisata yang ada di kawasan perkampungan Betawi Situ Babakan.

Saat tim Liputan6.com berkunjung, yang ditulis Rabu (29/6/2016), Fatma salah seorang pembuat dodol mengatakan, dodol Betawi biasanya disajikan hanya dalam beberapa hajat, seperti pernikahan, selamatan, dan saat Lebaran. Bagi masyarakat Betawi, dodol memiliki prestise tersendiri, karena dibuat menggunakan wajan yang sangat besar dan bahan-bahan yang tidak sedikit.

Pekerja mengaduk dodol di industri rumah kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (23/6). Harga Dodol Betawi rasa ketan putih dan ketan item dijual mulai dari harga Rp50 ribu per besek.  (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya, Anda juga bisa membeli dodol Betawi yang sudah dalam kemasan. Dijual dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 15 ribu, Anda sudah bisa merasakan sensasi legit dodol Betawi dalam beragam varian rasanya, mulai dari rasa durian hingga ketan hitam.

Bir Pletok (Via: kebudayaan.kemdikbud.com)

Selain pembuatan dodol, di kampung budaya Betawi Situ Babakan juga banyak ditemukan industri rumahan bir pletok. Konon minuman yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini dibuat oleh leluhur orang Betawi menggunakan 12 rempah, salah satunya adalah kayu secang, yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Nita, salah seorang pengunjung kepada Liputan6.com mengatakan, keberadaan Situ Babakan menjadi penting bagi aktivitas wisata kota, apalagi lokasinya yang tidak terlalu jauh dan mudah diakses. Situ Babakan cocok menjadi tempat ngabuburit, mengingat banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat ini.

“Situ Babakan enak buat ngabuburit, apalagi kan di sini penjual kulinernya juga banyak, orangtua yang mau bawa anak-anaknya ke sini juga aman, ada permainan buat anak-anak juga. Yang terpenting sih, Situ Babakan tetep lestari sebagai contoh perkampungan Betawi,” katanya.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.