Sukses

Dampak Brexit Terhadap Maskapai Penerbangan Murah di Eropa

Brexit atau British Exit dari Uni Eropa ternyata berdampak pada maskapai penerbangan murah di Eropa. Berikut ulasan dampak Brexit.

Liputan6.com, Jakarta Inggris akhirnya keluar dari Uni Eropa yang dikenal dengan istilah 'Brexit'. Brexit merupakan singkatan dari British Exit. Menurut para pengamat, Brexit bukan hanya berdampak pada ekonomi Inggris namun juga terhadap maskapai penerbangan murah di Eropa akan sangat dirasakan oleh warga Inggris yang kerap traveling keliling Eropa.

Jika Inggris ternyata bisa keluar dari kesulitan ekonomi dan mengalami penguatan nilai poundsterling, mata uang Inggris, maka akan semakin banyak orang Inggris yang bisa bepergian keliling Eropa. Sebaliknya jika ternyata perekonomian Inggris lesu, pajak naik dan pekerjaan semakin sulit didapatkan, maka warga Inggris pun akan semakin sulit untuk bisa traveling keliling Eropa atau ke luar negeri seperti diberitakan Independent (26/06/2016).

Dampak lain adalah akan terjadi renegosiasi tentang kebijakan dalam maskapai penerbangan murah di Eropa seiring keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Penerbangan EasyJet milik Inggris, Ryanair milik Irlandia dan German Wings tentu akan melakukan penyesuaian harga pasca Brexit. Artinya ada kemungkinan maskapai penerbangan murah akan sulit didapatkan bagi kedua belah pihak karena perubahan kebijakan.

Dampak lain adalah kebijakan tentang asuransi kesehatan bagi warga yang tergabung dalam Uni Eropa. Tentu pasca Brexit, nantinya warga Inggris ada peluang tidak lagi ditanggung asuransi kesehatannya atau dikurangi nilainya setelah mereka keluar dari Uni Eropa. Selama ini, kartu Asuransi Uni Eropa tersebut digunakan sebagai travel insurance bagi warga negara yang tergabung dalam Uni Eropa yang sedang traveling keliling Eropa. Dengan demikian akan semakin banyak benefit yang dikurangi bagi warga Inggris khususnya.

Dampak Brexit juga akan sangat dirasakan oleh warga Inggris ketika traveling keliling Eropa dalam hal komunikasi. Mereka akan dikenai biaya tambahan roaming setelah keluar dari Uni Eropa. Sebaliknya saat mereka masih tergabung, semua operator di Uni Eropa membebaskan biaya roaming.

Cari tiket pesawat murah hanya di Reservasi.com

Reservasi.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini