Sukses

Bersantai Sambil Cerdaskan Diri dengan 10 Cara Ini

Rutinitas padat bisa membosankan sehingga butuh waktu untuk bersantai. Berikut ini cara agar tetap cerdas walau sambil bersantai.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali mungkin Anda menghadapi situasi di mana kebosanan kerap melanda. Hal tersebut membuat Anda seperti menemukan jalan buntu yang berpengaruh pada perkembangan mental dan kecerdasan diri sendiri, seperti bersantai.

Namun, beberapa orang berasumsi bahwa untuk bersantai, Anda membutuhkan waktu yang panjang, berlibur, atau menonton hiburan. Padahal selalu ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk bersantai sambil melatih kemampuan diri sendiri agar semakin cerdas dalam waktu yang bersamaan.

Seperti dilansir dari Brightside.me pada Jumat (1/7/2016), Liputan6.com merangkum beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk bersantai sambil membuat Anda semakin cerdas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ketimbang menonton televisi, lebih baik membaca buku

1. Ketimbang menonton televisi, lebih baik membaca buku

Ketimbang menonton televisi, lebih baik membaca buku (sumber. Brightside.me)

Mungkin Anda berpikir bahwa menonton televisi adalah salah satu cara untuk memutus kepenatan dan jadi bagiann dari aktivitas bersantai. Namun, ternyata membaca buku memiliki pengaruh lebih baik, walau Anda melihatnya melelahkan dan bukan malah bersantai. Para ahli menganggap bahwa mengisi waktu santai dengan membaca akan meningkatkan perkembangan imajinasi Anda.

2. Bermain game komputer

Bermain game komputer (sumber. Brightside.me)

Mungkin Anda menganggap orang yang bermain game di komputer sebagai bagian dari cara mengisi waktu santai mereka adalah keliru. Namun nyatanya, bermain komputer jadi bagian dari waktu bersantai akan mengembangkan kemampuan taktis serta pola pikir strategis Anda.

3 dari 6 halaman

Minum segelas air sebelum memulai hari

3. Minum segelas air sebelum memulai hari

Minum segelas air sebelum memulai hari (sumber. Brightside.me)

Hal ini mungkin terkesan sepele dan terlalu sederhana, tetapi masih jarang diaplikasikan oleh sebagian orang. Padahal dengan meminum segelas air sebelum memulai hari akan mengembangkan kecepatan Anda saat bekerja.

4. Menonton film dengan bahasa aslinya

Menonton film dengan bahasa aslinya (sumber. Brightside.me)

Salah satu aktivitas yang biasa dilakukan sebagian orang saat bersantai adalah menonton film. Namun, seringkali beberapa orang dan mungkin termasuk Anda mengalihbahasakan teks film tersebut ke dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Padahal dengan menonton film dengan bahasa aslinya, kemampuan fleksibilitas mental dan kecakapan pengetahuan berbahasa Anda semakin luas.

4 dari 6 halaman

Istirahat sejenak ditemani secangkir teh hijau

5. Istirahat sejenak ditemani secangkir teh hijau

Istirahat sejenak ditemani secangkir teh hijau (sumber. Brightside.me)

Minum teh menjadi budaya tradisional di beberapa negara, seperti Cina dan Jepang. Khasiat teh, khususnya teh hijau yang menenangkan pikiran akan membantu Anda dalam mengembalikan fokus dan konsentrasi dalam beraktivitas.

6. Tidur siang sejenak

Tidur siang sejenak (sumber. Brightside.me)

Saat melakukan pekerjaan, ketimbang Anda mengisi waktu istirahat dan bersantai dengan aktivitas lainnya, tidur siang merupakan solusi terbaik. Dengan tidur siang, kemampuan konsentrasi dan fokus Anda akan terlatih serta berkembang.

5 dari 6 halaman

Luangkan waktu berdiskusi dengan orang yang lebih cerdas dari Anda

7. Luangkan waktu berdiskusi dengan orang yang lebih cerdas dari Anda

Luangkan waktu berdiskusi dengan orang yang lebih cerdas dari Anda (sumber. Brightside.me)

Saat Anda ingin bersantai, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah dengan meluangkan waktu sejenak untuk berdiskusi bersama orang yang dianggap lebih cerdas dari diri sendiri. Dengan melakukan hal tersebut, sudut pandang dan wawasan Anda akan lebih luas.

8. Melibatkan diri pada sebuah perdebatan dan diskusi

Melibatkan diri pada sebuah perdebatan dan diskusi (sumber. Brightside.me)

Saat mulai bosan dengan rutinitas sehari-hari, waktu santai Anda bisa diisi dengan keterlibatan dalam diskusi atau debat. Mungkin terdengar aneh, tetapi dengan melakukan hal tersebut akan membuat logika berpikir Anda dan kemampuan untuk membentuk argumen rasional berkembang.

6 dari 6 halaman

Jalan santai dan menikmati udara segar

9. Jalan santai dan menikmati udara segar

Jalan santai dan menikmati udara segar (sumber. Brightside.me)

Berada dalam rutinitas akan mengurung mental dan pikiran Anda hanya pada satu tempat dan berpotensi menumbuhkan kebosanan. Cara lain yang bisa dilakukan untuk memutus kebosanan adalah dengan jalan santai dan cari udara segar yang bermanfaat meningkatkan produktivitas Anda.

10. Menulis

Menulis (sumber. Brightside.me)

Mungkin sebagian orang berpikir dengan menulis akan sangat melelahkan. Padahal aktivitas menulis jurnal sehari-hari, ide, atau pemikiran sekalipun akan melatih serta mengembangkan kreativitas Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.